Liga Indonesia

Andai Mau Main di Indonesia, Ini 3 Klub Liga 1 yang Cocok Dibela Doan Van Hau

Kamis, 19 Desember 2019 16:38 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Beberapa klub Liga 1 sepertinya cocok untuk dibela Doan Van Hau, andai sang pemain Vietnam mau merumput di Indonesia.

Nama Doan Van Hau belakangan memang begitu mencuri perhatian pecinta sepak bola Indonesia. Bagaimana tidak, Doan Van Hau yang membela negaranya Vietnam, mencederai salah seorang pemain Timnas Indonesia U-23, Evan Dimas, di laga final SEA Games 2019.

Doan Van Hau sendiri kini tercatat tengah berkarier bersama klub Eredivisie Belanda, Heerenveen. Ia bermain untuk Heerenveen sejak 2 September 2019 dengan status pemain pinjaman.

Mari berandai-andai sedikit, bagaimana jika suatu saat nanti Doan Van Hau ingin merumput di Indonesia? Jelas boleh saja, toh pentas Liga 1 juga memperbolehkan klub-klubnya untuk memiliki pemain asing Asia.

Kalau mau menerka melalui kondisi terkini, mungkin ada beberapa klub Liga 1 yang cocok untuk dibela Doan Van Hau. Siapa saja klub Liga 1 yang dimaksudkan? Mari simak ulasannya berikut.

Persebaya Surabaya

Klub Liga 1 terdepan yang mungkin dibela Doaan Van Hau adalah Persebaya Surabaya. Kemungkinan ini tak lepas dari situasi terkini yang sedang menyelimuti skuat Bajul Ijo.

Persebaya Surabaya diketahui masih memiliki satu slot tersisa untuk pemain asing. Kebeteluan, Doan Van Hau berasal dari Vietnam dan mungkin bisa memenuhi kebutuhan Persebaya Surabaya tadi.

Peluang juga makin terlihat apabila menengok stok bek kiri Persebaya Surabaya, Ruben Sanadi dan Novan Sasongko. Keduanya kini sudah menginjak usia di atas 30 tahun, dan sepertinya Persebaya membutuhkan peremajaan skuat.

Doan Van Hau pun jelas bisa menutupi keperluan Persebaya jika ingin melakukan peremajaan di posisi bek kiri. Sekedar informasi, Doan Van Hau memang berposisi sebagai bek kiri, dan usianya masih sangat muda, yakni 20 tahun.

Persija Jakarta

Persija Jakarta memang sudah memiliki tiga pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Ada nama Rezaldi Hehanusa, Dany Saputra, hingga yang paling senior, Tony Sucipto.

Namun situasinya di Liga 1 2019, ketiga bek kiri tersebut fungsinya belum terlalu dapat dimaksimalkan. Rezaldi yang merupakan andalan Timnas Indonesia di Asian Games 2018, kerap absen dari skuat Persija karena terbentur masalah cedera.

Danny Saputra, belum mendapat kepercayaan lebih, sebab hanya tampil delapan kali saja musim ini. Terakhir, Tony Sucipto usianya sudah menua, yakni 33 tahun, dan kerap ditempatkan di posisi lain.

Melihat situasi tersebut, Persija Jakarta sepertinya cocok menjadi klub Liga 1 yang dibela Doan Van Hau. Apalagi Doan Van Hau memiliki jam terbang bermain di Eropa, yang diyakini sangat menguntungkan bagi Macan Kemayoran.

Bali United

Bali United menjalani musim yang luar biasa di Liga 1 2019. Bersama pelatihnya, Stefano Cugurra Teco, Bali United berhasil keluar sebagai jawara kompetisi.

Keberhasilan Bali United menjuarai Liga 1 2019, sepertinya bisa menjadi daya tarik bagi Doan Van Hau. Apalagi Bali United banyak diisi pemain berkualitas, seperti Paulo Sergio, Stefano Lilipaly, yang mungkin saja berdampak pada peningkatan kemampuan Doan Van Hau dalam mengolah bola.

Toh, Bali United nampaknya akan sangat senang pula bila Doan Van Hau merapat. Kehadiran Doan Van Hau berpotensi mendongkrak kualitas kedalaman skuat Bali United, yang tentunya ingin terus bersaing di perebutan gelar juara Liga 1.