Liga Inggris

Apa Kabar Dong Fangzhuo, Pemain China Pertama di Manchester United Seangkatan Cristiano Ronaldo

Jumat, 20 Desember 2019 15:16 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© goal
Dong Fangzhuo saat dipercaya tampil bersama Manchester United. Copyright: © goal
Dong Fangzhuo saat dipercaya tampil bersama Manchester United.

INDOSPORT.COM – Pendukung setia Manchester United Asia tentunya tak asing dengan nama Dong Fangzhou. Karena dirinya merupakan pemain China pertama di Setan Merah.

Kisahnya di Manchester United nyatanya tidak terlalu membanggakan. Akibat cedera yang dialaminya, Fangzhuo gagal mengembangkan potensinya di Inggris.

Fangzhuo sendiri mengakui bahwa kisahnya di Old Trafford dari 2004-2008 cukup menyedihkan. Meski begitu, ia tidak menyesal walau hampir tak pernah mendapatkan menit bermain.

Sulitnya menembus skuat utama Manchester United memang terbilang sangat wajar. Mengingat, saat itu Setan Merah masih dipenuhi pemain sekaliber Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs dan Ruud van Nistelrooy.

Fangzhuo juga mengungkapkan bahwa dirinya selalu mendapatkan perhatian dari pelatih Sir Alex Ferguson. Itu ketika dirinya merayakan Natal di Inggris.

"Dia khawatir bahwa saya tidak punya tempat untuk pergi karena semua orang mungkin merayakan dengan keluarga, sehingga dia mengatur seseorang yang dia kenal untuk mengundang saya untuk merayakan dengan temannya," katanya dilansir dari english.sina.com.

Sikap Ferguson itulah yang akhirnya membuat Fangzhuo merasa betah berada di Manchester United. Karena baginya, Ferguson sangat membantu kehidupannya di luar lapangan.

"Selain membantu saya di tempat latihan, Ferguson banyak membantu saya dalam hidup," lanjut sang pemain.

Pria yang saat ini usianya 34 tahun tersebut nyatanya pernah tampil tiga kali bersama Manchester United di ajang berbeda, yakni Liga Inggris, Liga Champions dan Piala Liga Inggris.

Fangzhuo pernah mendapatkan kesempatan tampil sebagai starter saat Manchester United bertemu dengan Chelsea di Liga Inggris. Ia tampil selama 73 menit di laga yang berakhir 0-0 itu.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESDong Fangzhuo saat masih berada di Manchester United.

Pada Liga Champions, Fangzhuo diberi menit bermain kurang lebih 20 menit saat Manchester United bermain imbang 1-1 melawan AS Roma.

Sedangkan di Piala Liga Inggris, Fangzhuo bermain penuh ketika Manchester United berhadapan dengan Coventry City. Saat itu Setan Merah tumbang 0-2.

Setelah memutuskan pensiun dari dunia sepak bola di usianya yang ke-30, tak banyak yang tahu mengenai kabar Fangzhuo. Kini INDOSPORT mencoba untuk memberitahu aktivitas yang dilakukannya.

Menurut laporan AFP, Fangzhuo saat ini tengah mencoba untuk menularkan pengalaman sepak bolanya kepada anak-anak, beberapa di antaranya berkebutuhan khusus.

Sumber tersebut mengatakan bahwa Fangzhuo mencoba untuk melatih anak-anak di Kota Xiamen, Fujian, China. Dia berharap agar bisa membawa kebahagiaan kepada anak-anak tersebut.

Fangzhuo juga mengaku sangat mendapatkan kepuasaan tersendiri ketika menularkan ilmunya, terlebih kepada anak-anak yang berkebutuhan khusus.

"Aku merasakan kemurnian mata dan hati mereka. Dan meskipun mereka mungkin memiliki beberapa keterbatasan fisik, jenis konsentrasi, keseriusan mereka. Gairah itu benar-benar menggerakkanku," ujarnya.