In-depth

Ketika Nasib Legenda Persib Bandung Sama dengan Real Madrid

Jumat, 20 Desember 2019 17:34 WIB
Editor: Coro Mountana
© Grafis: Ynt/Indosport.com
Ketika nasib legenda Persib Bandung sama dengan Real Madrid. Copyright: © Grafis: Ynt/Indosport.com
Ketika nasib legenda Persib Bandung sama dengan Real Madrid.

INDOSPORT.COM – Persib Bandung kembali melanjutkan tradisi melepas legendanya yang ternyata itu senasib dengan para pahlawan Real Madrid.

Persib Bandung mengambil langkah mengejutkan dengan tidak melanjutkan kerja samanya dengan Hariono. Gelandang bertahan berambut gerondong yang sudah mengabdi untuk Persib Bandung selama 11 tahun itu akhirnya harus mengucapkan selamat tinggal kepada bobotoh.

Begitu mengejutkan karena Hariono bisa dikatakan adalah salah satu legenda dan tokoh penting ketika Persib Bandung juara Liga Indonesia 2014. Tapi apa daya Hariono sudah diputuskan oleh manajemen kalau tak akan memperkuat Persib Bandung pada Liga 1 musim depan.

Ternyata tradisi menyisihkan legenda tidak sekali saja pernah dilakukan oleh Persib Bandung.

Nasib Para Legenda Persib Bandung

Atep

© bolalob
Atep Rizal Copyright: bolalobAtep Rizal

Sebelumnya, Persib Bandung pernah melakukannya pada Atep Rizal yang sudah begitu setia untuk klub kebanggaan bobotoh itu. Meski sempat berseragam Persija Jakarta, tetapi begitu mengenakan jersey biru, maka Atep akan bermain sepenuh jiwa untuk Persib Bandung.

Atep secara resmi dilepas oleh Persib Bandung pada akhir musim 2018 setelah dianggap sudah kurang kontribusi lagi. Tercatat selama Liga 1 2018, Atep hanya mampu mencetak 1 gol dan 1 asis dari 17 pertandingan.

Akan tetapi sebagai seorang legenda yang sudah sangat dicintai oleh bobotoh, tetap saja Atep merasakan kesedihan karena harus meninggalkan Persib setelah 10 tahun. Bukan hal mudah bagi Atep untuk meninggalkan Persib yang sempat ia bawa jadi juara Liga 1.

Hariono

© Arif Rahman/INDOSPORT
Gelandang Persib, Hariono saat mengikuti outbound di Grafika Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (13/05/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTGelandang Persib, Hariono saat mengikuti outbound di Grafika Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (13/05/2019).

Siapa sangka semusim usai Atep ditinggalkan oleh Persib Bandung, kini giliran Hariono yang didepak oleh manajemen. Usia yang sudah uzur dan peforma yang dianggap sudah tidak seperti yang dulu menjadi salah satu alasan Persib Bandung melepas Hariono.

Akan tetapi sejatinya apa yang dilakukan Persib Bandung ternyata mendapat sambutan negatif dari mantan pemain yaitu Bojan Malisic. Dalam akun Instagram pribadinya, Bojan Malisic sangat menyayangkan Persib melepas salah satu legendanya, Hariono.

“Legenda, pekerja keras, pemimpin, tidak pernah protes akan apa pun, teman satu tim yang luar biasa, pribadi yang rendah hati ternyata belum cukup. Memalukan jika mencoba untuk menjadikan semua legenda Persib sebagai guyonan, siapa lagi selanjutnya,” tulis Malisic.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Bojan Malisic (@malibojan_4) on

Persib Bandung kembali melanjutkan tradisi dengan melepas para legendanya yaitu Atep dan Hariono. Siapa sangka langkah yang diambil oleh Persib Bandung ada kesamaannya dengan perlakuan Real Madrid terhadap para legendanya.

Nasib Para Legenda Real Madrid

Raul Gonzalez

© Helios de la Rubia/Real Madrid via Getty Images
Legenda Real Madrid, Raul Gonzalez. Copyright: Helios de la Rubia/Real Madrid via Getty ImagesLegenda Real Madrid, Raul Gonzalez.

Masih ingat dengan Raul Gonzalez? Ikon sekaligus pangeran Real Madrid ternyata tak bisa pensiun di Santiago Bernabeu. Membela Real Madrid C sejak 1994, Raul ternyata tetap diusir dari Bernabeu pada 2010 setelah dirinya tak lagi dibutuhkan.

Padahal Raul sudah menyatakan loyalitasnya kepada Real Madrid dan mengaku siap pensiun di klub yang sangat ia cinta itu. Tapi apa daya usia yang sudah menua membuatnya harus tersingkir dari kerajaan Real Madrid meski ia adalah seorang pangeran.

"Raul dibuang oleh Madrid. Dia sebenarnya ingin pensiun di Real, namun hal itu tak bisa terwujud," ungkap Luis Figo, rekan setim Raul kepada Al Jazeera Sport.

Iker Casillas

© @MatchPhotos
Caption Copyright: @MatchPhotos Iker Casillas saat menangis harus meninggalkan Real Madrid.

Sama seperti Persib Bandung, Real Madrid tidak sekali saja menyisihkan legendanya. Setelah kasus Raul Gonzalez, Iker Casillas ternyata juga mengalami nasib yang sama atau bahkan bisa dikatakan lebih tragis lagi.

Mengabdi sejak membela Real Madrid C pada 1998, Casillas akhirnya harus menyingkir dari Real Madrid pada tahun 2015. Dimulai dari perlakuan pelatih saat itu, Jose Mourinho yang membangku cadangkan Casillas hingga akhirnya presiden Florentino Perez sendiri yang membuangnya.

Yang paling menyedihkan jika masih diingat adalah ketika Casillas melakukan konferensi pers untuk mengumumkan dirinya akan pergi dari Real Madrid. Tanpa ditemani oleh seorangpun, Casillas tampak tak kuasa menahan tangis dan pilunya harus meninggalkan Real Madrid.

’’Real Madrid telah membentuk saya sebagai orang dan membantu saya tumbuh. Di luar kenangan orang tentang kiper yang baik atau buruk, saya hanya ingin dikenang sebagai orang baik,’’ kata Casillas dalam jumpa pers tersebut sebagaimana dikutip AS.

Pada akhirnya keputusan untuk menyisihkan legendanya merupakan kebijakan sah-sah saja dari masing-masing klub yang kebetulan Persib Bandung dan Real Madrid sama dalam hal ini.

Akan tetapi tentu sedih rasanya meninggalkan klub yang telah sangat dicintainya dan itu yang dirasakan oleh Atep dan Hariono di Persib Bandung serta Raul dan Casillas bersama Real Madrid.