Liga Spanyol

Sosok Ini Jadi Biang Kerok Kegagalan Bintang Barcelona Bersinar

Jumat, 20 Desember 2019 19:17 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, lagi-lagi menjadi kambing hitam atas belum keluarnya kemampuan terbaik Frenkie de Jong bersama Blaugrana sejak bergabung pada Juli 2019 silam.

Melansir dari Diario AS, sebuah koran asal Belanda bernama De Telegraaf mengkritik cara Valverde yang dianggap kurang memaksimalkan kemampuan De Jong sebagai pemain bernomor 6 atau penyambung lini belakang dan lini depan dalam startegi Barcelona.

Selama ini Ernesto Valverde dianggap menempatkan Frenkie de Jong diluar posisi terbaiknya. Pelatih Barcelona tersebut kerap menaruh pemain asal Belanda ini di posisi kiri gelandang, atau jauh dari posisi pemain bernomor 6.

Hal tersebut berimbas pada permainan De Jong yang dianggap kurang memuaskan. Meski terlihat apik dengan beberapa assist yang diciptakannya, penampilannya tak se eksplosif saat masih tampil bersama Ajax Amsterdam.

Hal tersebut terlihat saat duel El Clasico melawan Real Madrid. Di mana aliran bola De Jong harus beberapa kali terpotong dan dirinya kesulitan untuk mendikte permainan.

Valverde pada laga itu lebih mempercayakan posisi nomor 6 kepada Ivan Rakitic usai Sergio Busquets dicadangkan. Sehingga kritikan pun mengarah pada sosok mantan pelatih Athletic Bilbao tersebut.

Sejak didatangkan dari Ajax Amsterdam, Frenkie de Jong dianggap pembelian terbaik Barcelona untuk musim 2019-2020. Namun eksploisivitasnya tak terlihat sejauh ini karena banyaknya gelandang berpengalaman di tubuh Blaugrana.