Liga Indonesia

Siap Pakai, Stadion Manahan Bakal Diresmikan Kembali saat Pembukan Piala Presiden 2020?

Jumat, 20 Desember 2019 08:22 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger/INDOSPORT
Stadion Manahan akan kembali diresmikan saat pembukaan Piala Presiden 2020? Copyright: © Ronald Seger/INDOSPORT
Stadion Manahan akan kembali diresmikan saat pembukaan Piala Presiden 2020?

INDOSPORT.COM - Proyek renovasi Stadion Manahan Solo memang telah selesai. Meski masih dalam tahap pemeliharaan hingga Maret tahun depan, namun stadion itu kondisinya sudah siap pakai untuk menggelar agenda olahraga dan rencananya akan kembali resmi dibuka saat pembukaan Piala Presiden 2020.

Hanya saja, kapan re-launching akan digelar belum ada kepastian. Bisa jadi, upacara dan launching nanti dibarengkan dengan agenda lain.

"Kami juga belum tahu kapan diresmikan lagi. Semua ada di tangan Kementerian PUPR selaku pengelola saat ini," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Joni Hari Sumantri kepada INDOSPORT.

"Biasanya kan peresmian stadion dibarengkan dengan agenda apa. Mungkin saja Piala Presiden atau yang lain nanti," tambah dia.

Stadion berkapasitas sekitar 20 ribu penonton itu memang jadi salah satu yang diajukan PSSI sebagai venue Piala Dunia (PD) U-20 2021 mendatang. Bahkan delegasi FIFA sudah menggelar inspeksi ke Stadion Manahan.

Renovasi dengan dana senilai Rp301 miliar bersumber APBN 2018 dan 2019 itu dikerjakan oleh PT Adhi Karya. Namun, sebelum diresmikan dan diserahterimakan dari Kemen PUPR ke Pemkot Solo, lintasan atletik Stadion Manahan Solo sempat tergenang air.

"Air yang menggenangi lintasan atletik tidak parah bisa diperbaiki dengan cepat," tambah Supervisor PT Adhi Karya, Adi Kristanto.