Liga Inggris

Usai Kedatangan Arteta, 3 Bintang Arsenal Siap Hengkang di Bursa Transfer

Sabtu, 21 Desember 2019 12:56 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Baru akan menjalani laga debutnya di Liga Inggris sebagai pelatih anyar Arsenal, Mikel Arteta langsung menghadapi rumor bursa transfer yang mengatakan 3 pemainnya bakal hengkang.

Pertandingan pekan ke-18 Liga Inggris antara Everton vs Arsenal, yang dihelat di Goodison Park pada Sabtu (21/12/19) nanti malam memang akan menjadi laga perdana Arteta usai resmi menjadi pelatih anyar pada Jumat (20/12/19) kemarin.

Meski belum sepekan resmi menjadi pelatih kepala, harus diakui bahwa Arteta memang menerima pinangan Arsenal dengan kondisi tim sedang tidak bagus.

Bagaimana tidak, dalam 5 pertandingan terakhir Liga Inggris, Arsenal hanya sekali menang, disertai dua hasil imbang dan dua kali kalah. Bahkan laga terakhir, mereka kalah telak 0-3 menghadapi Manchester City, mantan tim Arteta.

Sejak kepergian Unai Emery pada akhir November, situasi internal Arsenal memang terus memburuk. Bahkan rumor transfer langsung mengaitkan para pemain terbaik mereka ke klub lain jelang Januari tiba.

Oleh karena itu, bukan tidak mungkin para pemain terbaik Arsenal yang dirumorkan ke klub lain punya kemungkinan dilego di bursa transfer musim dingin bulan depan. 

Apalagi sebulan ke depan nampaknya menjadi waktu cukup untuk Arteta sebagai pelatih kepala Arsenal menentukan siapa saja yang harus mereka lepas dan pertahankan di bursa transfer musim dingin.

Langsung saja, berikut INDOSPORT sudah merangkum 3 pemain Arsenal yang berpotensi besar bakal keluar di bawah kepelatihan Mikel Arteta, khususnya di bursa transfer mendatang.

1. Granit Xhaka

Untuk para fans Arsenal tentu masih merasa kesal dengan tingkah laku Granit Xhaka baru-baru ini. Bagaimana tidak, dia meneriaki kata-kata tidak pantas ke arah fans yang mengkritik penampilannya saat diganti dalam pertandingan Arsenal menghadapi Crystal Palace pada Oktober lalu.

Perilaku tidak pantas oleh sang bintang itu membuat fans Arsenal sangat marah. Wacana manajemen klub untuk menjual Xhaka pun diakui akan jadi keputusan tepat, menurut mantan bintang Leeds United, Noel Whelan.

"Saya tidak heran Arsenal mencari pengganti Xhaka. Lebih cepat mereka mendapatkannya, lebih baik dan Xhaka harus pergi Januari nanti," ucap Whelan kepada Football Insider.

Wacana Arsenal menjual Xhaka pada Januari nanti juga diperkuat laporan dari surat kabar olahraga asal Jerman, Bild. Mereka memberitakan bahwa gelandang Timnas Swiss itu bakal menerima tawaran bergabung dari Hertha Berlin.

2. Pierre-Emerick Aubameyang

Pierre-Emerick Aubameyang ingin hengkang dari Arsenal bisa dibilang menjadi kabar paling hangat. Karena rumor transfer ini menyeruak ke permukaan beberapa jam sebelum Arteta diresmikan sebagai pelatih anyar Arsenal.

Dikabarkan laman portal berita olahraga Inggris, Mirror, niatan Aubameyang untuk hengkang dari Arsenal langsung bertambah kuat setelah klubnya itu ingin mendatangkan Arteta. Kabarnya, ia sangat bernafsu untuk bisa pindah ke klub lain pada bursa transfer musim panas 2020.

Sejak beberapa waktu yang lalu, salah satu bomber kebanggaan Arsenal itu memang sudah digosipkan akan hengkang dari Emirates Stadium karena merasa performa The Gunners semakin menurun di Liga Inggris. Ia pun menjadi skeptis bahwa Arteta bisa mengembalikan kejayaan mereka.

Kabar yang santer muncul ke permukaan adalah bahwa dirinya sedang menjadi incaran raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid. Madrid atau Los Blancos memang sedang berencana untuk membenahi lini depan mereka, khususnya karena striker yang bernama Karim Benzema sudah makin tua dan performanya mulai menurun.

3. Alexandre Lacazette

Pemain yang terakhir dalam daftar ini juga bermain di posisi penyerang, yakni Alexandre Lacazette. Pemain berusia 28 tahun itu dikabarkan sudah tidak betah main di Arsenal karena penampilan klub yang terus menerus menurun.

Bahkan seperti dikutip dari Mirror, Lacazette sempat terlibat adu mulut dengan Emery di awal babak kedua pertandingan lanjutan Liga Inggris Arsenal vs Southampton pada akhir November lalu.

Masih dari sumber yang sama, Lacazette dikatakan tak kunjung mau menandatangani kontrak baru dari Arsenal karena mendambakan berlaga di Liga Champions untuk musim depan. 

Tapi dengan masuknya Arteta sebagai pelatih baru, sang pemain dikabarkan makin skeptis akan perubahan dan upaya Arsenal meraih posisi empat besar untuk masuk ke Liga Champions musim depan.

Jika benar Lacazette dan Aubameyang dilepas oleh Arsenal, tentunya tugas Arteta tak hanya meracik strategi tapi juga harus menemukan pengganti yang sepadan dari kedua penyerang top yang mereka miliki itu.

Kini Arteta punya waktu yang cukup untuk menentukan para pemain yang akan dia lepas ke klub lain dan siapa yang harus jadi target prioritas mereka di bursa transfer musim dingin yang berakhir pada tanggal 01 Februari 2020 mendatang.