In-depth

2 Pemain Ini Jadi Biang Keladi Sulitnya Manchester United Kalahkan Tim Gurem

Sabtu, 21 Desember 2019 20:00 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alex Livesey/Getty Images
Scott McTominay (kanan) disebut menjadi salah satu penyebab sulitnya Manchester United meraih kemenangan melawan tim lemah. Copyright: © Alex Livesey/Getty Images
Scott McTominay (kanan) disebut menjadi salah satu penyebab sulitnya Manchester United meraih kemenangan melawan tim lemah.

INDOSPORT.COMManchester United kerap kesulitan meraih kemenangan kala bertemu tim papan lemah di Liga Inggris. Situs Manchester Evening News menyebutkan bahwa penyebab di balik itu semua adalah dua penggawa The Red Devils sendiri, Scott McTominay dan Fred.

Situs yang sama mengatakan Scott McTominay dan Fred memiliki kemampuan mumpuni dalam bertahan. Keduanya bisa membaca serangan lawan, memutus umpan, serta kembali merebut bola dari penguasaan lawan.

Namun, McTominay dan Fred dinilai tidak mampu melakukan umpan terobosan ke depan. Keduanya bahkan dianggap tidak memiliki kepercayaan diri untuk melakukan hal itu. Salah satu contohnya terjadi kala melawan Everton.

Pada menit ketujuh, Fred yang berada di sisi kiri memberikan bola kepada McTominay yang berdiri bebas di tengah lapangan. Namun, gelandang asal Skotlandia itu tak kunjung melepas umpan ke depan sehingga langsung ditekan oleh lini depan Everton.

Alhasil, McTominay hanya bisa kembali mengumpan bola ke Fred di sisi kiri. Fred sebenarnya bisa melepas umpan lambung ke Luke Shaw yang telah maju ke depan. Namun, pemain tengah asal Brasil ini terlalu lama mengambil keputusan.

Sama dengan McTominay, Fred yang terlalu lama dengan bola mendapatkan tekanan dari Richarlison. Manchester United pun harus membangun serangan dari bawah karena Fred lebih memilih memberikan bola kepada Harry Maguire.

Fred sendiri mencatatkan akurasi umpan sekitar 90 persen (69/77). Namun, kebanyakan dari umpannya mengarah ke samping dan belakang. Begitu juga Scott McTominay yang mencatatkan 36 umpan sukses dari total 45.

Arah umpan kedua gelandang Manchester United itu jelas tak memberikan solusi kreatif. Dalam laga itu, United sendiri hanya bisa mencetak satu gol pada menit ke-77 lewat Mason Greenwood. Satu gol itu tak cukup untuk menyelamatkan United dari hasil imbang 1-1.