Liga Indonesia

Rekap Rumor Transfer Liga 1 Indonesia: Bintang Kalteng Hijrah ke Brasil, Persib Incar Lima Pemain

Sabtu, 21 Desember 2019 16:09 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Rekap Rumor Transfer Liga 1 Indonesia: Bintang Kalteng Hijrah ke Brasil Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Rekap Rumor Transfer Liga 1 Indonesia: Bintang Kalteng Hijrah ke Brasil

INDOSPORT.COM - Berikut rekap rumor transfer Liga 1 Indonesia pada Sabtu (21/12/19), dimana bintang Kalteng Putra akan hijrah ke Brasil, sedangkan Persib Bandung incar lima pemain baru untuk musim depan.

Pekan terakhir bakal terjadi minggu ini, beberapa tim dipastikan akan tampil untuk terakhir kalinya dengan pemain andalan mereka, seperti Persib Bandung yang akan memainkan laga terakhir bersama kevin van kippersluis musim ini.

Kontrak Kevin sendiri dipastikan tidak akan diperpanjang, dan hal tersebut disampaikan langsung oleh pelatih Robert Rene Alberts, seusai pertandingan kandang menghadapi Perseru Badak Lampung, pada Senin (16/12/19) lalu.

Mengetahui akan berpisah dengan Persib akhir musim nanti, penyerang asal Belanda tersebut mengaku telah mendapat tawaran dari berbagai klub baik dari Indonesia maupun dari luar negeri.

"Saya sudah berbicara dengan beberapa tim, tapi belum menentukan di Indonesia atau di luar, tapi yang pasti saya kembali ke Belanda untuk liburan," ungkap Kevin, Kamis (19/12/19).

Dipastikan hengkang, manajemen Persib Bandung pun langsung bergerak cepat mencari pengganti. Beberapa nama berhasil mencuat dan akhirnya menjadi rumor transfer di akhir tahun ini.

Tidak cuma Persib, tim-tim lain di Liga 1 pun tengah dikabarkan akan mendatangkan maupun mendepak pemain mereka, berikut INDOSPORT coba merangkum rekap rumor transfer Liga 1 Indonesia, pada Sabtu (21/12/19).

1. Persib Bandung
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengaku mengincar lima pemain anyar yang akan disiapkan untuk mengarungi musim 2020.  Menurut pelatih asal Belanda ini, pemain anyar tersebut akan datang secara bertahap pada Januari 2020. 

"Untuk saat ini, kami memantau empat pemain baru dan kami juga mencari pemain asing baru, karena Kevin akan pergi jadi kami harus mengisi tempatnya yang kosong. Jadi, total ada lima pemain yang kami cari dan mereka tentunya akan kami uji," ucap Rene Alberts.

Selain bakal mendatangkan lima pemain baru, Rene Alberts juga memberikan sinyal jika ia akan mempertahankan gelandang naturalisasi, Esteban Vizcarra musim depan setelah sang pemain tampil cukup impresif musim ini.

"Esteban juga kontraknya akan segera habis, tapi masih berdiskusi dengan manajemen. Karena Esteban juga masih dalam usia yang belum terlalu tua dan masih bisa berkontribusi. Dia hanya tidak beruntung musim ini karena mengalami cedera," tambah Rene.

2. Kalteng Putra
Meski gagal menyelamatkan Kalteng Putra dari degradasi di ajang Shopee Liga 1 2019, namun Rafael Bonfim berhasil menarik minat tim Serie B Brasil, Operario Ferroviario dan mengontraknya untuk musim 2020. 

Dilansir dari Futebol Interior, kepindahan Bonfim ke Operario diumumkan pada Kamis (19/12/19) sore waktu setempat. Bonfim sendiri menjadi salah satu dari tiga pemain yang didatangkan sekaligus oleh tim tersebut. 

Operario Ferroviario sendiri adalah tim Brasil yang berasal dari kota Parana. Tim berjuluk Fantasma da Vila tersebut berhasil finis 10 besar di Serie B Brasil musim 2019 lalu. Perekrutan Bonfim disinyalir agar Operario bisa meraih pencapaian yang lebih baik musim depan.

Selain Rafael Bonfim, bek naturalisasi Onorionde Kughegbe Jhon (OK John) juga mengakui tengah didekati klub Liga 1 pasca timnya resmi degradasi musim depan. 

Bahkan saat ini OK John tengah menjalin komunikasi dengan salah satu peserta Liga 1. Namun sampai sekarang proses negosiasi belum menemui titik temu. 

"Memang sudah ada sejumlah klub Liga 1 yang berkoordinasi dengan saya. Tetapi belum pasti," ujar OK John dikutip Antara, Jumat (20/12/19).