Liga Indonesia

Ada Eks Persib, 2 Pemain Asing Jebolan Liga 1 Ini Berhasil Raih Juara Tahun 2019

Sabtu, 21 Desember 2019 14:26 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Arif Rahman/INDOSPORT
Termasuk mantan pemain Persib Bandung, dua pemain asing jebolan Shopee Liga 1 Indonesia ini berhasil meraih gelar juara di tahun 2019. Siapa sajakah mereka? Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Termasuk mantan pemain Persib Bandung, dua pemain asing jebolan Shopee Liga 1 Indonesia ini berhasil meraih gelar juara di tahun 2019. Siapa sajakah mereka?

INDOSPORT.COM - Termasuk mantan pemain Persib Bandung, dua pemain asing jebolan Shopee Liga 1 Indonesia ini berhasil meraih gelar juara di tahun 2019. Siapa sajakah mereka?

Dalam beberapa tahun kebelakang, kompetisi Liga 1 Indonesia memang berhasil menarik para bintang sepak bola asing, bahkan sejumlah tim berhasil mendatangkan pemain-pemain asing top yang sempat berkarier di kasta teratas liga Eropa.

Salah satunya ada Madura United, yang berhasil memboyong mantan bintang Liga Inggris, Peter Odemwingie pada musim 2017 silam, serta Persib yang sempat menghebohkan setelah merekrut Michael Essien di tahun yang sama.

Meski level kompetisi Liga Indonesia tidak terlalu mencolok jika dibandingkan dengan Liga Jepang ataupun Liga Malaysia, para pemain asing jebolan Liga 1 ternyata masih bisa menarik hati tim-tim luar negeri.

Terbukti setelah kompetisi berakhir ataupun kontraknya tidak diperpanjang, para pemain asing Liga 1 yang memutuskan meninggalkan Indonesia berhasil mendapatkan klub baru di luar negeri dan beberapa diantaranya sukses meraih juara.

Seperti yang dialami mantan bintang Persib, Jonathan Bauman, penyerang kelahiran Argentina ini pernah berseragam Pangeran Biru tahun 2018 silam, namun di awal Januari tahun ini ia memutuskan hengkang ke Liga Malaysia.

© Kedah FA
Jonathan Bauman eks Persib Bandung Copyright: Kedah FAJonathan Bauman eks Persib Bandung

Memperkuat Kedah FA sejak 6 Januari 2019 lalu, Jonathan Bauman berhasil mempersembahkan gelar Malaysia FA Cup 2019 setelah mengalahkan Perak di partai final.

Tidak cuma mempersembahkan gelar juara, penyerang berusia 28 tahun itu berhasil menyabet gelar individu sebagai top skor Malaysia FA Cup. Masih di tahun yang sama, Jonathan Bauman juga berhasil menghantarkan Kedah FA menyabet runner up Malaysia Cup 2019.

Selama memperkuat Persib, Jonathan Bauman memang tampil sangat impresif terbukti dalam 26 penampilan dirinya berhasil mencetak 12 gol, dan memberikan 6 asis serta masuk dalam Liga 1 Best Eleven musim 2018.

Selain Jonathan Bauman, ada satu lagi bintang asing jebolan Liga 1 yang berhasil bersinar bahkan mendapat gelar juara di tahun 2019, yakni Douglas Packer.

Mantan pemain Barito Putera musim 2017 hingga 2018 tersebut, hijrah ke klub Brasil, Remo bulan Maret silam. Meski tidak bisa memberikan gelar selama membela Barito, namun setelah pindah ke Remo ia justru mendapatkan gelar juara.

Di awal musim memperkuat Remo, gelandang serang berusia 32 tahun tersebut sukses menjuarai ajang Campeonato Paraense, salah satu liga sepak bola di Negara bagian Brasil.

Catatan tersebut membuat tim besar Malta, Valletta kepincut untuk meminangnya bulan Juli silam. Douglas Packer pun langsung menjadi andalan, total ia telah tampil sebanyak 14 kali dan mencetak tiga gol serta menyumbangkan dua asis di musim ini.

Douglas Packer juga berkesempatan tampil di babak kualifikasi Liga Champions serta kualifikasi Liga Europa musim ini, total ada lima laga yang ia mainkan di dua ajang kompetisi Eropa tersebut dan berhasil mencetak satu gol dan satu assist.