In-depth

Hati-hati Lampard, Jose Mourinho Jago Lukai Chelsea di Liga Inggris

Minggu, 22 Desember 2019 15:10 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Getty Images
Jose Mourinho akan menghadapi mantan klubnya pada pertandingan Liga Inggris pekan ke-28 yang mempertemukan Tottenham Hotspur vs Chelsea (asuhan Lampard), Minggu (22/12/19). Copyright: © Getty Images
Jose Mourinho akan menghadapi mantan klubnya pada pertandingan Liga Inggris pekan ke-28 yang mempertemukan Tottenham Hotspur vs Chelsea (asuhan Lampard), Minggu (22/12/19).

INDOSPORT.COM – Jose Mourinho akan menghadapi mantan klubnya pada pertandingan Liga Inggris pekan ke-28 yang mempertemukan Tottenham Hotspur vs Chelsea, Minggu (22/12/19).

Spurs nantinya akan menghadapi Chelsea di Tottenham Hotspur Stadium. Bermain di rumah sendiri, membuat Tottenham lebih diunggulkan untuk meraih poin penuh.

Pertandingan ini pun bisa menjadi momen tepat bagi Tottenham (peringkat ke-7) untuk menggeser posisi empat besar Chelsea di klasemen sementara Liga Inggris.

Saat ini Tottenham dan Chelsea hanya terpaut tiga poin. Artinya, jika Spurs berhasil meraih kemenangan, mereka bisa duduk di peringkat ke-4 klasemen Liga Inggris.

Apabila berhasil kemenangan, maka poin Tottenham dan Chelsea sama, yakni 29. Akan tetapi, Spurs lebih diunggulkan lewat torehan golnya.

Terhitung, Tottenham berhasil mengoleksi 32 gol hingga pekan ke-17 Liga Inggris 2019/20. Sedangkan Chelsea baru mengumpulkan 31 gol.

Jika melihat beberapa pertandingan terakhir di Liga Inggris, nyatanya Tottenham lebih diunggulkan. Mengingat, mereka selalu menang dalam dua pertandingan terakhir.

Dua kemenangan itu diraih Tottenham saat sukses membungkam Burnley dengan skor 5-0 dan mengalahkan Wolverhampton Wanderers 2-1.

Ini menjadi modal yang sangat baik bagi Tottenham untuk membungkam Chelsea. Mengingat The Blues tak pernah menang dalam dua laga terakhir Liga Inggris.

Sebelumnya, anak asuh Frank Lampard dipaksa menyerah saat berhadapan dengan Everton (1-3) dan Bournemouth (0-1). Hasil minor ini diprediksi bakal menyulitkan Chelsea pada laga nanti.

Situasi tersebut bisa menjadi faktor penting bagi Tottenham untuk bisa mencuri poin sempurna saat menjamu Chelsea pada malam nanti. Terlebih mereka juga punya sosok Jose Mourinho.

Kehadiran Mourinho sendiri diprediksi bakal membuat Tottenham lebih menakutkan bagi Chelsea. Karena saat di rumah sendiri, Mourinho selalu mengalahkan Chelsea.

Itu terjadi ketika Mourinho masih menjadi pelatih Manchester United. Dalam dua pertemuan di Old Trafford, Chelsea selalu tumbang 2-0 dan 2-1 dalam lanjutan Liga Inggris 2017/18.

Catatan manis ini membuktikan bahwa Mourinho jago melukai Chelsea saat mereka bertandang ke markas klub yang dibela pelatih asal Portugal tersebut.

© Nick Potts/GettyImages
Frank Lampard, legenda Chelsea yang kini jadi pelatih Derby County. Copyright: Nick Potts/GettyImagesFrank Lampard, legenda Chelsea yang saat itu masih pelatih Derby County.

Bukan tidak mungkin jika jagonya Mourinho menaklukkan Chelsea akan berlanjut saat menukangi Tottenham. Apalagi, statistiknya bersama Spurs terbilang cukup apik.

Dalam lima pertandingan Liga Inggris, Mourinho hanya membuat Tottenham tumbang satu kali saat berhadapan dengan Manchester United (tumbang 1-2). Sedangkan empat laga sisanya berhasil mereka menangkan.

Meski statistik Mourinho dan Tottenham lebih diunggulkan, namun Lampard juga pernah memiliki momen manis saat berhadapan dengan mantan pelatihnya tersebut.

Saat masih melatih Derby County, Lampard berhasil menyingkirkan Manchester United asuhan Mourinho di Piala Liga Inggris. Saat itu Derby County menang lewat drama adu penalti (8-7).

Catatan manis yang dimiliki kedua pelatih tersebut diyakini bakal menambah keseruan laga Tottenham vs Chelsea. Lalu siapakah yang mampu mempertahankan catatan manisnya? Mourinho atau Lampard? Patut dinantikan.