Liga Indonesia

PSM Hadapi Persib yang Dilatih Rene Alberts, Maitimo Lupakan Masa Lalu

Minggu, 22 Desember 2019 15:17 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media PSM Makassar
Pemain klub Liga 1 PSM Makassar, Raphael Maitimo, akan menghadapi mantan klubnya Persib Bandung yang dilatih Robert Alberts. Copyright: © Media PSM Makassar
Pemain klub Liga 1 PSM Makassar, Raphael Maitimo, akan menghadapi mantan klubnya Persib Bandung yang dilatih Robert Alberts.

INDOSPORT.COM - Pemain klub Liga 1 PSM Makassar, Raphael Maitimo, akan menghadapi mantan klubnya Persib Bandung yang dilatih Robert Alberts. Pemain berusia 35 tahun ini pun mengaku telah melupakan peristiwa di masa lalu dengan pelatih asal Belanda itu.

Maitimo yang memperkuat PSM akan bertandang ke kandang Persib di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Minggu (22/12/19). Duel super big match tersebut merupakan laga pekan ke-34 alias penutup Shopee Liga 1 2019.

Sebagaimana diketahui, keduanya sempat terlibat insiden pada saat pra musim 2017 lalu. Maitimo yang saat itu telah menandatangani kontrak dan menerima uang muka di PSM, tiba-tiba mengundurkan diri.

Langkah pemain naturalisasi ini ditengarai karena memiliki masalah dengan Robert yang merupakan pelatih PSM saat itu. Maitimo pun harus menanggung cacian dari suporter PSM, bahkan ada yang mencapnya sebagai penghianat.

Cacian pun masih mengiringi langkah Maitimo tatkala dirinya direkrut PSM pada jendela transfer paruh musim Liga 1 2019. Akibat insiden dua musim silam, suporter PSM tidak menerima kepulangan eks Persib ini.

Namun, seiring berjalannya waktu, Maitimo perlahan mulai diterima dihati suporter PSM. Ia bahkan telah memberikan klarifikasi terkait pengunduran dirinya dua musim silam dan juga telah melupakan insiden itu.

"Saya tidak punya masalah dengan siapapun. Saya hanya tidak ingin membiarkan siapapun memanipulasi atau mencoba menjatuhkan saya dengan sengaja. Semua orang sudah tahu kebenarannya, itu yang paling penting," ungkap Maitimo kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (21/12/19).

Karena telah melupakan insiden dua musim silam, Maitimo pun mengaku tidak mempunyai target khusus untuk diperlihatkan kepada Robert. Ia hanya fokus memberikan performa terbaik kepada PSM pada laga kontra Persib nanti.

"Saya tidak punya target khusus untuk membuktikan sesuatu. Saya hanya ingin melakukan yang terbaik untuk PSM agar meraih hasil terbaik, layaknya seorang profesional," kata Maitimo lagi.

Adapun laga nanti merupakan pertemuan kedua Maitimo dengan Robert pasca insiden tersebut. Pertemuan pertama terjadi pada Liga 1 2017 saat Maitimo yang membela Persib menjamu PSM di Stadion Si Jalak Harupat.

Pada laga tersebut, Maitimo mentas selama 15 menit setelah masuk menggantikan Atep dimenit ke-75. Ia pun sukses memberikan kemenangan 2-1 untuk Maung Bandung.

Namun, pada laga terakhir Liga 1 nanti, situasi berbalik 180 derajat. Kini, Maitimo akan mentas sebagai pemain PSM dan akan melawan Persib yang dilatih Robert Alberts.