Bola Internasional

Singgung Agama, Pelatih Vietnam Pengaruhi Jalan Shin Tae-yong ke Indonesia

Minggu, 22 Desember 2019 20:47 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Calon pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dipengaruhi pengalaman buruk juru taktik Vietnam, Park Hang-seo, selama tinggal di Asia Tenggara.

Dilansir dari news.zing.vn, Park Hang-seo sampai menyinggung masalah agama di Indonesia yang akan menyulitkan langkah Shin Tae-yong dalam menjadi pelatih Timnas Indonesia.

"Sulit untuk hidup di Asia Tenggara atau Cina. Bahasa, komunikasi, adat dan budaya berbeda dari Korea. Indonesia memiliki masalah agama. Sementara itu, Cina juga punya masalah sendiri," kata Park Hang-seo.

Tentu perkataan tersebut akan membuat Shin Tae-yong berpikir lagi untuk memutuskan tinggal di Indonesia. Namun Park Hang-seo yakin kalau orang Korea Selatan memiiki watak suka dengan tantangan.

Bisa jadi pengalaman Park Hang-seo soal sulitnya hidup di Asia Tenggara membuat Shin Tae-yong menjadi tertantang dan menerima tawaran PSSI.

"Sebagai saudara dan mantan, saya percaya bahwa Shin Tae-yong akan membuat keputusan yang bijaksana. Kehidupan seorang pelatih adalah serangkaian tantangan. Selalu ada tantangan baru sejak saya menandatangani kontrak dengan sepak bola Vietnam," ucapnya.

Saat ini pengemar sepak bola Indonesia sedang menunggu siapa pelatih pengganti Simon McMenemy di Timnas Indonesia. Simom McMenemy dinyatakan telah gagal membuat permainan Timnas Indonesia berkembang.

Di bawah asuhan Simon, Tim Garuda justru semakin terpuruk dengan menjadi juru kunci klasemen di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Selain Shin Tae-yong, PSSI sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan pelatih asal Spanyol, Luis Milla. Namun nama Shin Tae-yong lah yang memiliki kans besar untuk bisa melatih Evan Dimas dan kawan-kawan.