Liga Indonesia

Antara Renan Silva atau Paulo Sergio, Mana yang Lebih Menjanjikan untuk Persija?

Selasa, 24 Desember 2019 17:45 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Persija Jakarta dikaitkan dengan dua nama playmaker yang mungkin mereka rekrut musim depan di Liga 1 2020, Paulo Sergio dan Renan Silva, mana yang lebih layak? Copyright: © INDOSPORT
Persija Jakarta dikaitkan dengan dua nama playmaker yang mungkin mereka rekrut musim depan di Liga 1 2020, Paulo Sergio dan Renan Silva, mana yang lebih layak?

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta dikaitkan dengan dua nama playmaker yang mungkin mereka rekrut musim depan untuk Liga 1 2020, Paulo Sergio dan Renan Silva, mana yang lebih layak?

Tak memiliki playmaker yang bisa diandalkan di Liga 1 2019, Persija pun dikabarkan ingin bergerak cepat mendapatkan pemain asing di posisi tersebut untuk musim depan.

Dua nama telah menyeruak, mulai dari bintang Bali United, Paulo Sergio, hingga Pemain Terbaik Liga 1 2019, Renan Silva, yang terang-terangan menyatakan kemungkinannya untuk kembali ke Persija Jakarta.

Bicara kualitas secara umum, Paulo Sergio dan Renan Silva tentu adalah pemain yang sama-sama memiliki kualitas mumpuni. Namun, tentu Persija Jakarta tak bisa memilih keduannya dan harus memilih satu diantara mereka.

Untuk itu INDOSPORT coba membuat perbandingan kualitas Paulo Sergio dan Renan Silva, siapakah di antara mereka yang lebih layak berseragam Persija Jakarta di Liga 1 2020.

Paulo Sergio dan Renan Silva

Jika melihat statistik di Liga 1 musim 2019 ini, Renan Silva lebih unggul dari Paulo Sergio dalam hal keterlibatannya mencetak gol.

Renan 20 kali terlibat dalam 30 pertandingan, dengan perincian 12 gol dan delapan assist, sementara Paulo Sergio cuma 16 kali terlibat dalam 26 pertandingan.

Menariknya, keterlibatan Paulo Sergio itu lebih didominasi oleh assist yang diberikannya kepada pemain lain. Total 14 assist diciptakan pemain 35 tahun itu buat rekan setimnya di Bali United.

Berbekal statistik tersebut, jika Persija Jakarta menginginkan pemain yang lebih fokus kepada memberikan assist, Paulo Sergio lebih layak untuk dipilih.

Sebab bagaimana pun Persija Jakarta sudah memiliki pemain yang tugas utamanya mencetak  gol dan terbukti sukses, Marko Simic. 

Kelebihan Renan Silva

Kendati demikian, bukan berati Renan Silva tak memiliki nilai lebih untuk kembali didatangkan ke Persija Jakarta. Faktor kedekatannya dengan publik sepak bola Jakarta tentu adalah nilai lebih utama.

Selain itu, dengan pengalaman yang baru 1,5 tahun di Liga 1, Renan terbukti bisa menunjukan grafik permainan meningkat dari musim ke musim.

Dari yang sebelumnya hanya bisa memberikan empat assist dari 14 pertandingan di Persija Jakarta. Musim lalu di Borneo FC jumlah golnya jauh meningkat musim ini.

Maka bukan tak mungkin, jika Renan Silva nantinya kembali didatangkan Persija Jakarta. Statistiknya akan jauh lebih baik lagi dalam memberikan kontribusi ke tim.

Selain itu, nilai lebih Renan Silva dibandingkan Paulo Sergio, dirinya punya usia yang lebih muda lima tahun (30 tahun). Sehingga secara eksploitas, tentu akan lebih menjanjikan di lapangan tengah.

Pada akhirnya diantara Paulo Sergio atau Renan Silva, seberapa cocoknya kedua pemain tersebut ke Persija Jakarta, tentu andil pelatih akan memegang peranan penting. 

Entah Paulo Sergio atau Renan Silva yang sesuai dengan strategi pelatih Persija Jakarta nantinya. Terkait juga soal faktor emosional. Siapa kira-kira yang lebih cocok dan bisa dipercaya pelatih di Liga 1 2020?