Liga Inggris

Jadi Pelatih Baru, Mikel Arteta Ambil Sikap Tegas pada Pemain Arsenal

Selasa, 24 Desember 2019 12:37 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mikel Arteta langsung bersikap tegas usai diresmikan sebagai pelatih baru klub sepak bola Liga Inggris, Arsenal. Arteta menyampaikan, seluruh pemain The Gunners wajib mengikuti aturannya.

Mikel Arteta secara resmi diangkat menjadi manajer baru Arsenal pada Jumat (20/12/19) kemarin. Sebelumnya, pria yang kini berusia 37 tahun tersebut merupakan asisten Pep Guardiola di Manchester City.

Menduduki kursi manajer Arsenal akan menjadi debut bagi Arteta sebagai pelatih kepala sebuah klub. Meski baru kali ini dipercaya menjadi pelatih kepala, ia tak segan mengeluarkan sikap tegas pada para pemainnya.

Arteta menegaskan bahwa semua pemain Arsenal harus patuh pada aturannya, termasuk cara dia melatih. Mantan pemain kelahiran San Sebastian itu menilai, sikap tegas dibutuhkan demi membangkitkan The Gunners yang saat ini masih terpuruk di Liga Inggris.

“Saya harus mencoba meyakinkan para pemain tentang apa yang ingin saya lakukan di sini. Mereka harus siap menerima proses dan cara berpikir yang berbeda,

“Saya ingin semua staf dan siapa saja yang berada di klub ini untuk menyamakan cara pandang. Kita harus membangun budaya agar tim ini stabil hingga akhir musim,” ujar Arteta, dikutip dari laman sepak bola Daily Mail.

Lebih lanjut, Mikel Arteta menambahkan bahwa saat ini semua orang di Arsenal, termasuk para pemain, harus bersatu di tengah situasi sulit.

“Jika kami tidak memiliki budaya yang benar di situasi sulit, maka tim ini akan selalu goyah. Jadi ini adalah tugas saya untuk meyakinkan semua orang agar tim ini bisa bangkit,” tandas Arteta.

Mikel Arteta sendiri dikabarkan telah menemui staf dan para pemain Arsenal di Lincoln Colney HQ pada Jumat (20/12/19) pagi. Meski telah diresmikan sebagai pelatih baru, Arteta dilaporkan belum akan memimpin skuat The Gunners saat melawat ke markas Everton, Sabtu (21/12/19) ini.

Pada laga tandang kontra Everton, Freddie Ljungberg yang merupakan pelatih interim Arsenal akan tetap memimpin Pierre-Emerick Aubameyang dkk. Setelah laga tersebut, baru kemudian Mikel Arteta akan mengambil alih peran sebagai pelatih The Gunners.