Liga Indonesia

Andai Resmi Tinggalkan Persib, Ezechiel N’Douassel Bakal Cetak Sejarah di Liga 1

Selasa, 24 Desember 2019 22:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Andai resmi tinggalkan Persib, Ezechiel N’Douassel bakal cetak sejarah buat Maung Bandung. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Andai resmi tinggalkan Persib, Ezechiel N’Douassel bakal cetak sejarah buat Maung Bandung.

INDOSPORT.COM - Andai resmi meninggalkan Persib Bandung musim depan, striker asal Chad, Ezechiel N’Douassel, bakal cetak sebuah sejarah baru di Liga 1.

Ezechiel N’Douassel sendiri dikabarkan meminta hengkang dari Persib usai berakhirnya ajang Liga 1 2019. Hanya saja, Umuh Muchtar selaku manajer masih berupaya membujuk bomber asal Chad tersebut untuk bertahan.

“Ezechiel memang memilih mundur, tapi kami masih dalam pembicaraan. Saya sedang membujuknya, mudah-mudahan ia mau bertahan. Kami sedikit khawatir jika nantinya benar meninggalkan Persib,” ucap Umuh Muchtar dikutip dari Simamaung.

Meski belum dapat dipastikan, namun jika Ezechiel N’Douassel resmi meninggalkan Persib maka penyerang berusia 31 tahun tersebut dapat memecahkan satu rekor unik bersama Maung Bandung di Liga 1.

Rekor tersebut adalah pemain Persib asal Afrika yang menorehkan gol terbanyak di ajang Liga Indonesia, mengalahkan beberapa penyerang top dari benua hitam sebelumnya yang ada di skuat Maung Bandung.

Melansir dari laman Transfermarkt.com, diketahui Ezechiel N’Douassel telah mencetak 36 gol dan memberikan 15 assist dalam 62 pertandingan di Liga 1 bersama Persib Bandung.

Catatan tersebut mengungguli torehan penyerang Afrika milik Persib sebelumnya, seperti Christian Bekamenga (Kamerun) yang cuma mencetak 17 gol dari 20 laga, atau Redouane Barkaoui (Maroko) yang menciptakan 15 gol dari 55 laga.

Namun meski menjadi pemain Afrika dengan gol terbanyak sepanjang sejarah Persib, raihan Ezechiel N’Douassel masih kalah dari Greg Nwokolo sebagai penyerang Afrika dengan gol paling banyak di Liga Indonesia.

Total pemain kelahiran Nigeria itu telah menciptakan 53 gol sebelum berpindah kewargnegaraan Indonesia pada akhir 2011. Perinciannya adalah tujuh gol bersama Persijatim (2004-2005), PSIS Semarang (1; 2006), PSMS Medan (2; 2006),  Persis Solo (14; 2007-2008), dan Persija Jakarta (29; 2008-2011).

Berikut daftar lima besar pencetak gol terbanyak pemain asal Afrika di skuat Persib Bandung:

  • Ezechiel N'Douassel 62 laga (36 gol)
  • Christian Bekamenga 20 laga (17 gol)
  • Redouane Barkaoui 55 laga (15 gol)
  • Makan Konate 30 laga (14 gol)
  • Ekene Ikenwa 26 laga (13 gol)