Bola Internasional

3 Kelebihan Matthew Steenvoorden, Jebolan Timnas Belanda yang Ingin Bela Indonesia

Rabu, 25 Desember 2019 20:35 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© ©Orange Pictures/Pieter van der Woude
Matthew Steenvoorden menjadi pemain Eropa yang mengaku ingin membela timnas Indonesia. Berikut tiga kelebihan yang ia miliki. Copyright: © ©Orange Pictures/Pieter van der Woude
Matthew Steenvoorden menjadi pemain Eropa yang mengaku ingin membela timnas Indonesia. Berikut tiga kelebihan yang ia miliki.

INDOSPORT.COM - Matthew Steenvoorden menjadi pemain Eropa yang mengaku ingin membela timnas Indonesia. Berikut tiga kelebihan yang ia miliki.

Cerita panjang hubungan Belanda dengan Indonesia di masa lalu, menghadirkan banyaknya pesepak bola berdarah Indonesia yang tumbuh dan berkembang di negara Eropa Barat tersebut.

Terbaru, terungkap ada satu nama pemain lagi mengaku memiliki darah Indonesia, dari sang kakek yang lahir di Semarang. Dialah Matthew Steenvoorden, pemegang paspor Belanda yang kini memperkuat klub Kroasia NHK Gorica.

Dengan darah Indonesia yang dimilikinya, Steenvoorden pun mengaku memiliki keinginan untuk membela timnas Indonesia. Sekaligus membuat keluargannya bangga.

"Saya punya darah Indonesia yang berasal dari kakek saya. Ia lahir di Semarang. Saya ingin membantu timnas dan membuat keluarga saya bangga," ucap pemain 26 tahun itu.

Meski baru sebatas pernyataan Matthew Steenvoorden, keinginannya untuk membela timnas Indonesia bisa menjadi sebuah keuntungan tersendiri buat Tim Garuda. Sebab sebagai pemain, dia punya beberapa kelebihan. 

Apa saja kelebihan tersebut, berikut INDOSPORT merangkumkan tiga di antaranya.

Usia Matang

Keinginan Steenvoorden untuk membela timnas Indonesia saat ini bisa menguntungkan, sebab dirinya memiliki nilai lebih masih berada di usia matang.

Matthew Steenvoorden saat ini baru berusia 26 tahun, usia yang sedang matang-matangnya untuk seorang pesepak bola.

Dengan usia tersbeut, tentu karier Steenvoorden bisa bertahan panjang jika nantinya benar-benar bisa dinaturalisasi dan memperkuat timnas Indonesia.

Sebab dalam beberapa tahun ke belakang, timnas Indonesia justru lebih banyak kedatangan pemain naturalisasi dengan usia yang sudah tak muda lagi. Seperti Beto Goncalves salah satunya.

Pernah Memperkuat di Timnas Belanda

Kelebihan Matthew Steenvoorden berikutnya adalah dirinya bukan pemain sembarangan. jika berkaca pada rekam jejaknya yang pernah memperkuat Timnas Belanda di level junior.

Tercatat sejak Oktober 2011 hingga Mei 2012, Matthew Steenvoorden pernah delapan kali memperkuat Belanda U-19 yang kala itu juga diperkuat pemain-pemain ternama saat ini. Seperti Memphis Depay dan andalan timnas Maroko, Hakim Ziyech.

Selain pengalaman timnas Belanda, Steenvoorden juga punya rekam jejak bagus di level klub. Dia pernah bermain di Eredevisie Belanda dengan klub sebesar Feyenoord. Termasuk juga membela Feyenoord di kompetisi Liga Europa 2014-2015.

Pemain Multiposisi

Dengan postur menjulang hingga 1,88 meter, Matthew Steenvoorden memiliki nilai lebih lainnya sebagai pemain versatile atau bisa bermain di berbagai posisi.

Selain di posisi utamanya sebagi bek tengah, Steenvoorden  juga bisa ditempatkan sebagai geladang bertahan, juga gelandang tengah.

Dengan kemampuan bagus dalam duel satu lawan satu dan menggiring bola,  Steenvoorden  juga terhitung sebagai pemain yang cukup subur sebagai bek. 

Total dirinya bisa mencetak 14 gol dan delapan assist dalam total 208 pertandingan yang pernah dijalaninya sepanjang karier.

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, tak ada salahnya jika nantinya Matthew Steenvoorden dipercaya memperkuat timnas Indonesia usai dirinya terlebih dahulu menjalani naturalisasi.