Liga Inggris

Bukan Kaleng-kaleng, Ini 5 Pemain Debutan Terbaik di Liga Inggris

Rabu, 25 Desember 2019 12:20 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Menjalani musim debut di Liga Primer Inggris nyatanya tak semudah yang dibayangkan. Copyright: © INDOSPORT
Menjalani musim debut di Liga Primer Inggris nyatanya tak semudah yang dibayangkan.

INDOSPORT.COM - Menjalani musim debut di Liga Primer Inggris nyatanya tak semudah yang dibayangkan. Nyatanya, untuk beberapa pemain sangat sulit dalam beradaptasi dengan gaya bermain, cuaca dan faktor non teknis lainnya.

Liga Primer Inggris sendiri merupakan kompetisi yang tak hanya mengandalkan fisik semata. Diperlukan kecerdasan dan adaptasi yang baik untuk bisa bersaing dengan para pemain lainnya.

Bagi pemain sepak bola yang datang dari liga-liga dengan karakteristik berbeda seperti Serie A dan La Liga, memang sulit untuk bisa cepat beradaptasi dengan para pemain lainnya di Liga primer Inggris.

Namun nyatanya, tak sedikit juga para pemain ini sukses menjalani debut dan bermain gemilang pada saat menginjakan kakinya di Liga Primer Inggris. Lantas, siapa saja kah pemain tersebut? Berikut ulasannya.

Jurgen Klinsmann (Tottenham Hotspur)

© Getty Images
Jurgen Klinsmann, mantan pemain dan pelatih Timnas Jerman. Copyright: Getty ImagesJurgen Klinsmann, mantan pemain dan pelatih Timnas Jerman.

Pemain sepak bola pertama yang mampu menjalani musim debut impresif di Liga Inggris adalah Jurgen Klinsmann. Tak banyak pemain sepak bola Jerman yang bisa sukses di Inggris, tapi Klinsmann berhasil mematahkan anggapan tersebut. 

Klinsmann didatangkan Tottenham Hotspur dari AS Monaco pada musim 1994. Klinsmann berhasil mengawali musim dengan berhasil mencetak gol pada laga debutnya menghadapi Sheffield Wednesday.

Klinsmann berhasil mengakhiri musim dengan torehan 21 gol di Premier League (30 gol di semua kompetisi) dan meraih penghargaan pemain terbaik versi jurnalis Inggris (FWA). Namun sayang, Spurs hanya berhasil finis di peringkat ketujuh klasemen liga Inggris.

Fernando Torres (Liverpool)

© Laurence Griffiths/Getty Images
Fernando Torres melakukan selebrasi di masa-masa kejayaannya bersama Liverpool Copyright: Laurence Griffiths/Getty ImagesFernando Torres melakukan selebrasi di masa-masa kejayaannya bersama Liverpool

Fernando Torres didatangkan Liverpool dari Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2007. Di musim debutnya, Torres langsung menutup musim dengan mematahkan rekor gol di musim debut milik Ruud van Nistelrooy dengan mencetak 24 gol dalam 29 pertandingan. 

Torres berhasil menjadi pemain Liverpool pertama yang berhasil mencetak 20 gol liga dalam satu musim sejak Robbie Fowler setelah lebih dari satu dekade. Kehadiran Torres di lini depan membuat Liverpool ditakuti oleh lawan-lawannya.

Diego Costa (Chelsea)

© Adam Davy/PA Images via Getty Images
Diego Costa melakukan selebrasi saat membela Chelsea melawan Arsenal pada 27 Mei 2017.  Adam Davy/PA Images via Getty Images Copyright: Adam Davy/PA Images via Getty ImagesDiego Costa melakukan selebrasi saat membela Chelsea melawan Arsenal pada 27 Mei 2017. 

Tak butuh waktu lama bagi Diego Costa untuk membuat publik Stamford Bridge jatuh hati kepadanya. Pemain berkebangsaan Spanyol itu berhasil mencetak tujuh gol dalam empat pertandingan pertamanya bersama Chelsea.

Kegemilangan Costa bersama Chelsea berhasil menghapus kerinduan suporter Chelsea akan sosok striker tajam setelah era Didier Drogba. Di musim debutnya, Costa berhasil mencetak sebanyak 20 gol. Selain itu, Costa berhasil mempersembahkan medali juara Premier League di akhir musim. 

Sergio Aguero (Manchester City)

© Twitter/@SuperSportTV
Sergio Aguero merayakan gol pada laga Manchester City vs Atalanta di Liga Champions 2019/2020, Rabu (23/10/19). Copyright: Twitter/@SuperSportTVSergio Aguero merayakan gol pada laga Manchester City vs Atalanta di Liga Champions 2019/2020, Rabu (23/10/19).

Sergio Aguero bergabung dengan Manchester City di bursa transfer musim panas 2011 dengan biaya transfer sebesar 35 juta pound. Aguero mengawali debutnya di Liga Inggris sebagai pemain pengganti saat timnya menaklukkan Swansea 4-0. Kala itu, Aguero berhasil memborong dua gold an satu assist.

Di musim perdananya, Aguero berhasil menorehkan sebanyak 23 gol dan delapan assist. Selain itu, Aguero berhasil membawa Manchester City meraih gelar juara Liga Inggris setelah berhasil mencetak gol ke gawang QPR di menit-menit terakhir.

N’Golo Kante (Leicester City)

© Charlotte Wilson/GettyImages
Pemain bintang klub Liga Inggris, Chelsea, NGolo Kante. Copyright: Charlotte Wilson/GettyImagesPemain bintang klub Liga Inggris, Chelsea, NGolo Kante.

N'Golo Kante didatangkan Leicester dari tim Ligue 1, Caen pada bursa transfer musim panas 2015 dengan biaya transfer sebesar 5 juta pound. Kehadirannya di lini tengah dianggap sebagai salah satu faktor penting keberhasilan The Foxes meraih gelar juara Liga Primer Inggris.

Setelah sukses mempersembahkan gelar untuk Leicester, Kante memilih untuk hengkang ke Chelsea. Kante kembali sukses mengangkat trofi Premier League di bawah kepelatihan Antonio Conte. Selain itu, Kante berhasil menyabet penghargaan individu seperti Pemain Terbaik PFA, Pemain Terbaik Premier League, dan Pemain Sepak Bola Terbaik FWA.