Liga Indonesia

Terungkap, Eks Mentor Djanur Ramaikan Bursa Calon Pelatih Baru PSM Makassar

Kamis, 26 Desember 2019 19:45 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo klub Liga 1 2019, PSM Makassar. Copyright: © INDOSPORT
Logo klub Liga 1 2019, PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Bursa calon pelatih baru klub Liga 1, PSM Makassar, semakin menggeliat setiap harinya. Terbaru, eks guru pelatih Barito Putera saat ini, Djajang Nurdjaman, turut meramaikan persaingan.

Dialah Abdul Kadir Yahaya, pelatih berusia 51 tahun yang juga masuk ke dalam bursa calon pelatih PSM. Pria asal Singapura ini pernah menjadi asisten pelatih Pelita Jaya periode 2007-2010.

Kadir bersama Djanur, sapaan akrab Djajang Nurdjaman, menjadi asisten Fandi Ahmad yang notabene pelatih sepak bola asal Singapura. Selama tiga musim bekerja sama, Djanur mengaku banyak belajar sampai menyebut Kadir sebagai gurunya.

Nama Kadir Yahaya mencuat usai CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin, menemui Direktur 2TouchInternational, Khayrul Asyraf, beberapa waktu lalu. Sejatinya, pertemuan itu untuk membahas masa depan Firza Andika yang berada di bawah naungan perusahaan agensi itu.

Namun, rupanya Khayrul turut merekomendasikan nama Kadir kepada CEO PSM. Selain itu, dia juga turut menyodorkan satu nama pemain asing asal Belanda berposisi gelandang, Barry Maguire.

"Coach Kadir sangat cocok untuk PSM karena punya pengalaman di ajang Piala AFC bersama Tampines Rovers. Dia sangat disiplin dan keras, sama seperti karakter PSM Makassar," ungkap Khayrul Asyraf kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Kamis (26/12/19).

Tidak hanya itu, Khayrul juga menyebut Kadir tidak akan mengalami kesulitan beradaptasi di PSM. Sebab, mantan pelatih Tampines Rovers itu sudah memahami kultur sepak bola Indonesia dan juga telah fasih berbahasa Indonesia.

"Kadir itu seorang pelatih modern yang menekankan penguasaan bola dan pressing tinggi. Metodologi kepelatihannya juga bisa disamakan dengan pelatih top asal Eropa," tukas Khayrul Asyraf.

Setelah resmi ditinggal Darije Kalezic per Minggu (22/12/19) lalu, PSM Makassar belum menemukan sosok yang layak mengisi kekosongan tersebut.

Sejumlah nama dirumorkan telah menjalin komunikasi, seperti Dejan Antonic, Vincenzo Alberto Annese, Mario Gomez, Milomir Seslija, dan Simon McMenemy. Namun, hingga kini PSM belum menentukan siapa sosok pelatih yang tepat.