Liga Indonesia

Starting XI Legenda Timnas Indonesia yang Kini Jadi Pelatih, Auto Juara Liga 1

Kamis, 26 Desember 2019 17:17 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Pasti menarik jika para legenda Timnas Indonesia yang kini telah menjadi pelatih top digabungkan dalam sebuah Starting XI, seperti apa penampakannya? Copyright: © INDOSPORT
Pasti menarik jika para legenda Timnas Indonesia yang kini telah menjadi pelatih top digabungkan dalam sebuah Starting XI, seperti apa penampakannya?

INDOSPORT.COM - Pasti menarik jika para legenda Timnas Indonesia yang kini telah menjadi pelatih top digabungkan dalam sebuah Starting XI, seperti apa penampakannya?

Beberapa pelatih Indonesia yang kini melatih klub-klub profesional di Tanah Air ternyata pernah mencicipi karier sebagai pemain di lapangan hijau.

Beberapa di antaranya bahkan andalan untuk Timnas Indonesia di masing-masing zaman mereka aktif bermain. Seperti Widodo Cahyono Putro, Robby Darwis hingga Ricky Yakobi.

Seperti definisi sosok gelandang di atas lapangan sepakbola, yang merupakan sosok pengatur alur bola dalam membangun serangan, begitu juga para pelatih Indonesia yang ada sekarang. Mereka didominasi oleh para mantan gelandang andalan Timnas Indonesia.

Ada nama-nama seperti Indra Sjafri, Djajang Nurdjaman hingga Rahmad Darmawan juga bermain di posisi gelandang saat masih aktif bermain. Untuk posisi penyerang memang jarang, tapi ada nama penyerang lincah seperti Widodo Cahyono Putro.

Kita mulai dari Kurnia Sandy, kiper legendaris Timnas Indonesia ini ternyata memilih karier sebagai pelatih usai pensiun. Pada tahun 2010 lalu dia sempat melatih T-Team, klub Malaysia yang juga pernah diasuh Rahmad Darmawan.

Lini pertahanan ada Nilmaizar, Subangkit, Herry Kiswanto dan Robby Darwis yang berjaya di eranya masing-masing saat membela Timnas Indonesia. Keempat nama tersebut sekarang melatih klub Indonesia.

Nilmaizar kini baru saja mengakhiri Liga 1 2019 bersama Persela, Subangkit melatih klub Liga 3 yaitu Persiku Kudus, Herry Kiswanto pernah mengasuh PSS Sleman, Persiraja hingga Persiba Balikpapan dan nama terakhir, Robby Darwis sedang memimpin PSKC Cimahi di Liga 3 2019.

Untuk posisi lini tengah disesaki dengan nama-nama pelatih top, yakni Bima Sakti, Djadjang Nurdjaman dan Rahmad Darmawan. 

Bima Sakti adalah Playmaker andalan Timnas Indonesia pada periode 1995 hingga tahun 2001, ini merupakan salah satu pemain yang pernah dikirim Sampdoria Primavera oleh PSSI.

Sempat menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia semasa dipimpin Luis Milla, kini Bima Sakti dipercaya untuk mengasuh Timnas Indonesia U-16.

Sementara itu, Djadjang Nurdjaman juga menjadi salah satu gelandang kreatif andalan Timnas Indonesia dan juga Persib semasa masih bermain. Kini Djanur melatih Barito Putera sejak pertengahan Liga 1 2019 lalu.

Rahmad Darmawan juga merupakan pelatih top yang ternyata melegenda bersama Timnas Indonesia semasa berkarier sebagai pemain. Namanya sebagai pelatih dikenal punya CV yang bagus.

Namanya mulai terkenal saat sukses membawa Sriwijaya FC menjadi kampiun Liga Indonesia dan Piala Indonesia pada tahun 2008 lalu. Kini, RD yang baru saja mundur dari TIRA-Persikabo, langsung digaet Madura United untuk Liga 1 2020 mendatang.

Trio lini serang dalam Starting XI ini adalah Widodo Cahyono Putro, Bambang Nurdianysah dan Ricky Yacobi. Ketiganya yang bersinar sebagai penyerang semasa bermain, kini menjadi pelatih jempolan.

Seperti Widodo Cahyono Putro yang hampir membawa Bali United juara di Liga 1 2017, dan kini berhasil membawa Persita Tangerang lolos ke Liga 2 2020 mendatang. Luar biasa.

Ada juga Bambang Nurdiansyah yang saat masih bermain di era Galatama dan menjadi top skor tiga musim berturut-turut, dia tentu legendaris Timnas Indonesia. 

Pelatih yang akrab disapa Banur itu juga menjadi pelatih caretaker PSIS Semarang di beberapa laga terakhir Liga 1 2019. Kabarnya dia akan menjabat sebagai Direktur Teknik PSIS untuk musim depan.

Ricky Yakobi merupakan striker yang namanya paling diingat oleh fans Timnas Indonesia. Setelah kariernya berakhir sebagai pemain, Ricky juga langsung membuka Sekolah Sepak Bola (SSB) Ricky Yakobi di daerah Senayan, Jakarta Pusat, di mana dia langsung yang menjadi pelatih.

Selain SSB, Ricky Yakobi juga menjabat sebagai Direktur Pembinaan Usia Muda PSSI. Bayangkan jika 11 legenda Timnas Indonesia ini disatukan ke dalam starting XI, bisa saja langsung juara Liga 1.

© INDOSPORT
Starting Legenda Sepakbola Indonesia. Copyright: INDOSPORTStarting Legenda Timnas Indonesia yang Kini Jadi Pelatih, Auto Juara Liga 1