In-depth

Melihat Statistik Mentereng tapi Tertutupi Milik Jesse Lingard di Manchester United

Kamis, 26 Desember 2019 14:06 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Getty Images
Manchester United memang tak bisa dibilang tampil baik di Liga Inggris 2019/2020 sejauh musim ini dan Jesse Lingard menjadi salah satu kambing hitam. Copyright: © Getty Images
Manchester United memang tak bisa dibilang tampil baik di Liga Inggris 2019/2020 sejauh musim ini dan Jesse Lingard menjadi salah satu kambing hitam.

INDOSPORT.COM - Tentu banyak yang memandang sebelah mata Manchester United di Liga Inggris 2019/2020 sejauh ini karena penampilan mereka memang tidak konsisten dan salah satu kambing hitam adalah Jesse Lingard.

Jesse Lingard menjadi salah satu dari sedikitnya bintang lulusan akademik Manchester United yang bertahan di skuat utama. Bahkan dirinya masih sering menjadi opsi oleh manajer Man United, Ole Gunnar Solskjaer.

Nama Jesse Lingard juga tentu punya tempat di hati para penggemar Manchester United karena kemampuan mengolah bola yang dimilikinya. Tak jarang, Lingard bisa menjadi pemecah kebuntuan Setan Merah dalam melakukan serangan.

Tapi dalam beberapa musim terakhir, Lingard acapkali dijadikan kambing hitam atas penampilan buruk Manchester United entah itu di Liga Champions, Liga Europa atau di Liga Inggris.

Tapi satu hal yang bisa kalian lihat secara jelas adalah Solskjaer masih punya kepercayaan tinggi pada Lingard. Yakni terlihat dari jumlah penampilannya di 12 pertandingan Liga Inggris sejauh musim ini.

Selain karena pergerakan yang lincah dan kemampuan dribel di atas rata-rata, Lingard juga terbukti tak masalah ditempatkan di beberapa posisi. Dari 12 penampilannya, dia terus bergantian dipasang di posisi penyerang tengah, penyerang kiri dan kanan, gelandang serang hingga gelandang tengah pernah dicoba Lingard.

Versatile membuat Lingard memiliki salah satu sikap profesionalisme yang patut dicontoh oleh para pemain Manchester United yang lebih muda darinya. 

Tak heran jika dirinya baru saja menjalani debut sebagai kapten Man United di pertandingan Liga Europa menghadapi Astana FC, Jumat (29/11/19) lalu.

Meski tim asuhannya menelan kekalahan, Solskjaer tetap memberikan apresiasi tinggi kepada Lingard yang berhasil mengemban jabatan kapten selama 90 menit penuh di atas lapangan, bahkan sang pemain juga mencetak gol di laga tersebut.

"Saya rasa penampilannya sungguh bagus. Dia sukses memimpin tim ini dengan contoh, semangat, tekad untuk menang dan dia mencetak gol. Dia juga sangat vokal di ruang ganti. Saya sangat bangga kepadanya," ucap Ole Gunnar Solskjaer dilansir dari situs resmi manutd.com.

Statistik Mentereng Lingard yang Tertutupi Musim Ini

© INDOSPORT
Ole Gunnar Solskjaer dan Jesse Lingard Copyright: INDOSPORTOle Gunnar Solskjaer yang masih percaya Jesse Lingard punya peran besar untuk Manchester United di Liga Inggris musim ini

Nampaknya untuk membicarakan penampilan Manchester United di Liga Inggris sejauh musim ini, kita sudah tahu jelas bahwa ini bukan musim terbaik mereka sepanjang sejarah. Setan Merah kini terlempar ke peringkat 6 klasemen sementara, dengan menelan 5 kemenangan, 6 hasil imbang dan 4 kali kekalahan.

Tapi jika kita menyoroti individual dari skuat Manchester United sejauh musim ini, Jesse Lingard menjadi salah satu yang paling pantas untuk diberi apresiasi. Penampilannya memang tak sementereng Marcus Rashford, tapi jika ditelisik lebih jauh, dia punya peran besar musim ini.

Untuk pemain yang sering dimainkan oleh Ole di Liga Inggris sejauh musim ini, pemain berusia 26 tahun ini ternyata mencatat 88,2% pass success. Lingard juga mencatat rataan 1,3 key passes per laga untuk Manchester United dari 12 penampilannya.

Untuk rincian passes di Liga Inggris sejauh musim ini, Lingard sudah melepaskan 229 umpan. Di antaranya adalah 202 umpan sukses dan hanya 27 kali yang gagal alias diblok oleh lawannya.

Statistik mentereng lainnya yang tertutupi dari penampilan Lingard adalah tackles yang dicatatnya sejauh ini. Untuk seorang pemain yang sering bermain di lini serang, catatan Lingard sebanyak 11 tackles dari total 12 kali tampil, termasuk cukup tinggi di skuat Manchester United.

Dengan kemampuan Lingard mengalirkan bola yang bisa dibilang hampir sempurna, nampaknya tak berlebihan jika mantan pelatih Manchester United, Rene Meulensteen menyebutnya sebagai Andres Iniesta milik Inggris.

"Saya melihat banyak kesamaan dari permainan mereka dan saya selalu yakin bahwa Jesse adalah Andres Iniesta milik Inggris. Seperti Iniesta, dia bisa melihat ruang-ruang terbuka dan selalu bergerak dengan kedua kakinya yang cepat," ucap Rene dilansir dari Manchester Evening News.

Lebih lanjut lagi, Rene Meulensteen menyebut bahwa Lingard merupakan pemain tipikal kesukaan pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson.

"Sir Alex Ferguson selalu memiliki kriteria untuk menilai pemain. Pemain itu harus punya kaki yang cepat, akal yang cepat dan tentunya hati yang besar. Semua kategori itu ada pada Lingard," ucapnya lagi.

Lingard juga sudah membuktikan bahwa dirinya mampu membawa nama akademik Manchester United yang terus menerus berkurang di skuat utama saat ini. Dirinya bahkan sempat mengalami masa peminjaman dalam beberapa tahun beruntun, sebelum akhirnya masuk ke skuat utama pada musim 2015/16.

Kini penampilan Lingard memang belum mentereng yang dalam artian mencetak gol dan assist di Liga Inggris, tapi tenang saja.

Pemain bernomor punggung 14 Manchester United ini punya bekal yang cukup untuk bisa membuktikan dirinya bahwa dia memang Iniesta versi Inggris dalam waktu dekat ini.