Bola Internasional

Shin Tae-yong Latih Timnas, Vietnam Bocorkan Gajinya dan Peran Terselubung Park Hang-seo

Jumat, 27 Desember 2019 14:41 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Media Vietnam menguak besaran gaji yang diterima Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia serta peran terselubung Park Hang-seo. Copyright: © INDOSPORT
Media Vietnam menguak besaran gaji yang diterima Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia serta peran terselubung Park Hang-seo.

INDOSPORT.COM – Kabar dipilihnya Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia cukup ramai diperbincangkan di negara tetangga. Salah satu yang memberi sorotan mengenai kejelasan kontrak Shin ialah media asal Vietnam, Zing.

Zing menjelaskan bahwa Shin Tae-yong akan merangkap jabatan di Timnas Indonesia U-23 dan U-20. Dengan beratnya tanggung jawab yang diemban, eks pelatih Timnas Korea Selatan ini bakal menerima gaji sekitar 500 ribu hingga 1 juta USD (7-14 miliar rupiah) per tahun.

Pelatih berusia 50 tahun itu dikontrak selama dua tahun plus opsi satu tahun perpanjangan. Dengan kesepakatan di atas, Shin berambisi bertahan tiga tahun penuh karena dalam periode itulah ia merasa bisa memperlihatkan kinerja yang sesungguhnya.

Shin akan memulai debutnya bersama Timnas senior pada 26 Maret 2020 mendatang, dengan menghadapi Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebagai persiapan jangka panjang, Shin bakal membenahi aspek fisik terlebih dahulu.

“Kualitas pemain Indonesia tak jauh berbeda dengan Vietnam dan Thailand. Namun, kebugaran dan stamina mereka, khususnya dalam 20 menit terakhir pertandingan, masih jadi masalah. Saya harus memperhatikan ini untuk bisa sukses,” ucap Shin.

Selain itu, Shin Tae-yong mengaku sangat bahagia dengan memilih Timnas Indonesia. Ia terinspirasi oleh kompatriotnya, Park Hang-seo, yang membawa Vietnam menjadi juara di Piala AFF 2018 serta meraih medali emas SEA Games 2019.

“Jika hanya untuk keuntungan pribadi, saya jelas akan berlabuh ke klub China atau Jepang. Namun, saya lebih terinspirasi Park Hang-seo bersama Vietnam-nya. Ia sekaligus ingin Korea menjadi semakin dikenal di Indonesia,” lanjut Shin.

Peresmian Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sendiri kabarnya akan digelar pada Sabtu (28/12/19) esok di Stadion Pakansari, Bogor. PSSI menginginkan peresmian eks Seongnam Ilhwa Chunma tersebut berbarengan dengan final Liga 1 Putri 2019.