Liga Indonesia

Bisa Diikuti Hariono, Ini 4 Pemain Uzur yang Rasakan Tangan Dingin Teco

Sabtu, 28 Desember 2019 15:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra (kanan) dalam jumpa pers Liga 1 2019 di Bali United Cafe, Gianyar, Jumat (21/6/19). Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra (kanan) dalam jumpa pers Liga 1 2019 di Bali United Cafe, Gianyar, Jumat (21/6/19). Foto: Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Hariono resmi menjadi pemain baru Bali United. Dia pun bisa mengikuti jejak empat pemain gaek yang bersinar berkat tangan dingin pelatih Stefano Cugurra.

Setelah tak lagi menjadi bagian klub yang sudah 11 tahun dibelanya, Persib Bandung, Hariono akhirnya resmi berlabuh ke juara Liga 1 2019, Bali United.

Kepastian Hariono bergabung ke Bali United sendiri telah diumumkan langsung oleh klub asal Pulau Dewata itu melalui halaman media sosialnya, lewat sebuah video yang cukup unik, Sabtu (28/12/19).

Buat Hariono dan Bali United kesepakatan keduanya jelas saling menguntungkan. Sebab, bersama Bali United, Hariono yang sudah tak muda lagi akan mendapatkan kesempatan tampil di kompetisi yang lebih besar, Liga Champions Asia atau Piala AFC.

Buat Bali United pun, kehadiran Hariono bisa mengakomodir kegemaran pelatih Stefano Cugurra, yang kerap mempercayakan beberapa pemain senior di skuatnya.

Bukan sekdara mempercayakan, di bawah pelatih asal Brasil itu sejumlah pemain senior pun seakan terlahir kembali, menjadi pemain yang menakutkan di atas lapangan.

Untuk itu, berikut INDOSPORT kembali rangkumkan empat pemain senior yang bisa meraih sukses di bawah tangan dingin Stefano Cugurra.

Maman Abdurahman

Berusia 33 tahun dan hanya memperkuat klub Liga 2, Maman Abdurahman justru didatangkan Stefano Cugurra ketika dirinya ditugaskan membesut Persija Jakarta sejak 2017.

Di tengah keraguan atas kepantasan Maman Abdurahman, Teco, sapaan akrabnya, justru mempercayakan satu tempat utama di lini belakang klub berjuluk Macan Kemayoran itu kepada pemuda asli Betawi tersebut.

Hasilnya tak main-main, Maman berhasil menjelma menjadi bek tangguh, berduet dengan Jaimerson Xavier dan mempersembahkan gelar juara Liga 1 untuk Persija Jakarta. Total Maman dipercaya tampil sebanyak 63 kali, dengan torehan satu gol dan satu assist.

Addison Alves

Sebelum ke Persija, tangan dingin Teco juga sempat membuat penyerang kawakan kelahiran Brasil, Addison Alves, kembali menemukan ketajamannya. Di klub Thailand  Navy FC, Addison dipercaya Teco tampil 20 kali, dengan total tiga gol sebagai sumbangsihnya.

Kesuksesan kerja sama di Thailand, membuat Addison kebali dipercaya Teco ketika dirinya membesut Persija Jakarta. Jika digabungkan dalam tiga musim kebersamaan bersama Teco, Addison total bisa mencetak 15 gol dan satu assist dari 57 penampilan.

Fadil Sausu

Fadil Sausu adalah pemain berikutnya yang meraih sukses berkat tangan dingin Teco. Meski tak didatangkan langsung oleh Teco, karena memang sudah berstatus pemain Bali United sejak sebelum kedatangan pria Brasil itu.

Fadil berhasil meraih puncak kesuksesannya bersama eks pelatih Persija Jakarta tersebut di musim ini. Berusia 34 tahun, Fadil selalu diberikan peran sentral di lapangan tengah plus menjabata kapten tim.

Hasilnya, Fadil menunjukan kontribusi dalam delapan gol Bali United musim ini. Perinciannya yaitu dua gol dan enam assist. Dia juga berperan sebagai pengatur ritme di lini tengah klub juara Liga 1 2019 itu berdasarkan statistik.

Satu hal lagi yang menunjukan kesuksesan tangan dingin Teco terhadap Fadil, dalam usia yang tak lagi muda, anak asuhnya itu dipercaya menjadi salah satu kandidat pemain terbaik Liga 1 2019.

Leonard Tupamahu

Sama seperti kala datang ke Persija, ketika hijrah ke Bali United Teco juga mendatangkan satu bek senior ke dalam skuatnya. Yakni Leonard Tupamahu, pemain yang kala itu berusia 35 tahun.

Seperti Maman, Leonard diberikan kepercayaan Teco untuk mengisi satu slot sebagai bek tengah. Terbukti, kedisiplinan Leonard berpadu dengan pengalamannya membuat lini pertahanan Bali United kokoh hingga menyabet gelar juara Liga 1 2019.

Bersama Teco, Leonard yang sudah senior total dipercaya tampil sebanyak 27 kali musim ini. Dengan catatan satu assist yang berhasil disumbangkannya ke Bali United.