Liga Indonesia

Berkaca Pada Teco, Edson Tavares Layak Dipertahankan Persija Jakarta

Minggu, 29 Desember 2019 19:33 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Takashi Aoyama/Getty Images
Edson Tavares belum menemui kejelasan nasib di Persija Jakarta. Namun jika berkaca pada Stefano Cugurra Teco, maka dirinya terhitung layak dipertahankan di Liga 1 2020. Copyright: © Takashi Aoyama/Getty Images
Edson Tavares belum menemui kejelasan nasib di Persija Jakarta. Namun jika berkaca pada Stefano Cugurra Teco, maka dirinya terhitung layak dipertahankan di Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Edson Tavares belum menemui kejelasan nasib di Persija Jakarta. Namun, jika berkaca pada Stefano Cugurra Teco, maka dirinya terhitung layak dipertahankan di Liga 1 2020.

Sukses menyelamatkan Persija Jakarta dari jurang degradasi, bahkan bisa menembus peringkat 10 besar, hingga kini nasib pelatih asal Brasil, Edson Tavares belum menemui kejelasan.

Meski sudah mengamankan beberapa pemain untuk musim depan, Persija Jakarta hingga kini belum memastikan apakah Edson Tavares akan menjadi juru taktik mereka musim depan.

Jika tolok ukurnya adalah target saat awal kedatangan, Edson Tavares memang terhitung sukses di Persija Jakarta. Namun catatan statistiknya yang belum terlalu memuaskan bisa jadi memunculkan keraguan manajemen untuk memperpanjang kontraknya. 

Edson Tavares Sama Dengan Teco

Selama membesut Persija Jakarta, Edson Tavares berhasil menghadirkan tujuh kemenangan, tiga imbang dan lima kekalahan, dalam 15 penampilan. Atau, jika dihitung, Tavares bisa menyumbangkan total 24 poin buat Persija Jakarta.

Tak terlalu buruk memang, namun buat klub sebesar Persija Jakarta, statistik tersebut mungkin masih belum bisa membuat manajemen yakin terhadap kualitas dirinya.

Tetapi menariknya, apa yang didapat Edson Tavares sebenarnya sama dengan apa yang diberikan pelatih Stefano Cugurra Teco dalam 15 penampilan awalnya bersama Persija Jakarta.

Sama seperti Edson Tavares, Teco yang akhirnya bisa memberikan gelar juara buat Persija Jakarta, hanya bisa memberikan total 24 poin dalam 15 penampilan awalnya di Liga 1 2017. Bedanya, Teco mendapatkan 24 poin dalam hasil enam kali menang, enam imbang dan tiga kali kalah. 

Dari jumlah tersebut, bahkan sebenarnya Edson Tavares bisa sedikit lebih unggul dalam jumlah kemenangan yang diberikan ke Persija Jakarta. 

Seperti Edson pula, Teco pun kala itu sempat mendapatkan keraguan dari kubu Persija Jakarta. Tak sedikit seruan agar Teco keluar dari klub berjuluk Macan Kemayoran itu bergema di Stadion dan media sosial.

Maka, jika berkaca pada apa yang didapat Stefano Cugurra Teco di Persija Jakarta yang mengawali 15 pertandingan awalnya dengan 24 poin, hingga perlahan membaik dan memberikan gelar juara. Tak ada salahnya jika Persija Jakarta kembali mempercayakan Edson Tavares musim depan.

Bukan tak mungkin jika Edson Tavares diberi kepercayaan lebih lama, untuk membangun tim sejak awal, milih pemainnya sendiri, maka gelar juara Liga 1 juga bisa dirinya persembahkan untuk Persija Jakarta.