Bursa Transfer

Rumor Transfer Liga 1: Nadeo ke Bali United, Konate dan Arema FC Alot

Minggu, 29 Desember 2019 14:40 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rafif Rahedian
© Ian Setiawan/Indosport.com
Rumor bursa transfer ketika memasuki Liga 1 2020 menyuguhkan Nadeo Argawinata ke Bali United dan negosiasi Konate-Arema FC alot. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Rumor bursa transfer ketika memasuki Liga 1 2020 menyuguhkan Nadeo Argawinata ke Bali United dan negosiasi Konate-Arema FC alot.

INDOSPORT.COM - Rumor bursa transfer ketika memasuki Liga 1 2020 menyuguhkan Nadeo Argawinata ke Bali United dan negosiasi antara Konate dengan Arema FC alot.

Saat ini kabar perpindahan pemain mulai santer terdengar. Sejumlah pemain mulai dikaitkan ke klub baru ataupun bertahan di tim lama.

Terlebih sejumlah kontrak pemain bakal habis pada akhir Desember 2019. Namun ada sebagian pula yang kontraknya baru berakhir pada awal 2020 mendatang.

Perpindahan pemain antarklub di seluruh dunia cukup wajar. Sebab mereka bisa saja ingin mencari tantangan baru atau bertahan untuk memberikan kontribusi di musim depan.

Untuk lebih lengkapnya, redaksi INDOSPORT coba merangkum deretan rumor bursa transfer Liga 1 yang bergulir cukup panas pada hari ini, Minggu (29/12/19).

1. Bali United

© baliutd.com
Ilustrasi Bali United ketika memperkenalkan Nadeo Argawinata. Copyright: baliutd.comIlustrasi Bali United ketika memperkenalkan Nadeo Argawinata.

Bali United resmi mendatangkan kiper potensial Borneo FC Nadeo Argawinata. Bahkan Serdadu Tridatu harus merogoh kocek cukup dalam untuk mengangkut penjaga gawang Pesut Etam itu.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Bali United Yabes Tanuri, Nadeo didatangkan karena tim pelatih membutuhkan kiper berkualitas.

"Nama Nadeo pun menjadi salah satu opsi karena dia penjaga gawang muda dan juga sudah berpengalaman di Liga 1 serta kancah internasional," ujar Yabes, Minggu (29/12/19).

Selain itu Bali United turut melepas dua kiper muda mereka, yakni Mochamad Diky Indriyana dan Putu Pager Wirajaya. Total sudah tiga pemain yang digaet Bali United sejauh ini (Hariono dan Gavin Kwan Adsit).

2. Borneo FC

© borneofc.id
Gelandang asal Brasil milik Borneo FC Renan da Silva. Copyright: borneofc.idGelandang asal Brasil milik Borneo FC Renan da Silva.

Presiden Borneo FC belum bisa menentukan nasib dari gelandang andalan asal Brasil Renan Silva. Padahal sang pemain kontraknya bakal segera habis.

Borneo membutuhkan pelatih baru, lantaran Mario Gomez enggan memperpanjang kontrak. Hal itu turut mempengaruhi keputusan apakah mempertahankan atau melepas Renan Silva.

"(Soal) Renan, kami belum bisa pastikan karena ada tunggu pelatih baru. Saat ini sedang berkomunikasi dengn para calon pelatih baru," kata Nabil, Sabtu (28/12/19).

3. Persija Jakarta

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Maman Abdurahman (kanan) pada latihan Persija Jakarta jelang laga keempat AFC Cup 2019 melawan Ceres Negros di Lapangan PSAU TNI Angkatan Udara, Halim, Jumat (19/04/19). Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMaman Abdurahman (kanan) pada latihan Persija Jakarta jelang laga keempat AFC Cup 2019 melawan Ceres Negros di Lapangan PSAU TNI Angkatan Udara, Halim, Jumat (19/04/19). Herry Ibrahim/INDOSPORT

Kemudian ada Persija Jakarta yang mendadak melepas empat pemain sekaligus mulai dari Maman Abdurrahman, Dany Saputra, Fitra Ridwan, dan Rahmad Hidayat.

Presiden Persija, Ferry Paulus, berharap keempat pemain tersebut dapat berkembang dan menemukan klub yang tepat setelah tak berseragam Macan Kemayoran.

“Kami berterima kasih kepada para pemain yang telah berjuang membela Persija," papar Ferry dinukil laman resmi klub, Minggu (29/12/19).

4. Madura United

© maduraunitedfc.com
Kiper Madura United Muhammad Ridho Djazulie. Copyright: maduraunitedfc.comKiper Madura United Muhammad Ridho Djazulie.

Sebanyak 4 kiper Madura United resmi dipertahankan dalam menyambut pagelaran Liga 1 2020 mendatang, termasuk Muhammad Ridho Djazulie.

Teka-teki masa depan keempat pemain itu akhirnya menemui titik terang usai pelatih kepala anyar Laskar Sapeh Kerrab Rahmad Darmawan memberikan penjelasan.

"Coach Kurnia Sandy sebagai pelatih penjaga gawang menyampaikan tidak perlu ada perubahan untuk pos kiper," ujar Rahmad kepada awak media, Sabtu (28/12/19).

5. Arema FC

© Media Officer Arema
Pemain Arema FC, Makan Konate terlihat saat menjalani latihan, Jumat (18/10/19). Copyright: Media Officer AremaPemain Arema FC, Makan Konate terlihat saat menjalani latihan, Jumat (18/10/19).

Arema FC akan memutuskan bagaimana kelanjutan karier Makan Konate pada awal Januari 2020 mendatang, usai negosiasi perpanjangan kontrak masih berlangsung alot.

Pasalnya Konate menjadi salah satu pilar yang cukup memberikan dampak positif bagi perjalanan Singo Edan sejauh ini (satu setengah musim) di Liga 1.

"Tentu kami tidak menutup mata dengan hal itu. Artinya, performa setiap pemain juga mendapatkan reward setimpal berdasarkan evaluasi," ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, Minggu (29/12/19).

6. Persita Tangerang

© Grafis:Ynt/Indosport.com
Logo Persita Tangerang. Copyright: Grafis:Ynt/Indosport.comLogo Persita Tangerang.

Klub promosi Persita Tangerang terus bergerilya di bursa transfer menjelang kompetisi Liga 1 2020. Sejumlah pemain tengah diincar Pendekar Cisadane.

Persita dikabarkan tengah mendekati pemain yang pernah berkiprah bersama Timnas Indonesia U-23 dan Madura United, yakni Rizky Dwi Febrianto.

"Iya (Rizky), tapi terakhir saya dengar sedang cedera," tutur manajer Persita Nyomas Suryanthara, Sabtu (28/12/19).