Liga Indonesia

3 Keuntungan Persija Jakarta Andai Dilatih oleh Simon Mcmenemy di Liga 1 2020

Senin, 30 Desember 2019 18:09 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Simon Mcmenemy bisa menghadirkan tiga keuntungan untuk Persija Jakarta andai ditunjuk menjadi pelatih di Liga 1 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Simon Mcmenemy bisa menghadirkan tiga keuntungan untuk Persija Jakarta andai ditunjuk menjadi pelatih di Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Simon Mcmenemy bisa menghadirkan tiga keuntungan untuk Persija Jakarta andai ditunjuk menjadi pelatih di Liga 1 2020.

Ketidakjelasan nasib pelatih Edson Tavares di Persija Jakarta memunculkan beberapa spekulasi. Salah satu yang terbaru adalah munculnya nama eks pelatih Timnas Indonesia, Simon Mcmenemy, yang dikaitkan akan menjadi pelatih tim berjuluk Macan Kemayoran itu musim depan.

Meski masih sebatas rumor, jika sampai ditunjuk Simon Mcmenemy dengan segala kelebihannya bisa menghadirkan sejumlah keuntungan untuk Persija Jakarta di Liga 1 2020.

Apa saja keuntungan tersebut? Berikut INDOSPORT coba mengulasnya.

Pengalaman

Keuntungan pertama buat Persija Jakarta jika menunjuk Simon Mcmenenmy adalah perihal pengalamannya dengan sepak bola Indonesia. Dia sempat melatih Bhayangkara FC selama dua musim lebih dan juga Timnas Indonesia.

Mulai mencicipi Liga 1 pada 2017 kala membesut Bhayangkara FC, Simon Mcmenemy tentu tak perlu lagi beradaptasi dengan sepak bola Indonesia.

Bandingkan misalnya jika Persija Jakarta menunjuk pelatih baru yang belum pernah ada di Liga Indonesia selayaknya Julio Banuelos dan Edson Tavares yang tentu membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan sepak bola Indonesia. 

Jika sampai Simon Mcmenemy ditunjuk Persija Jakarta, maka tak perlu lagi beradaptasi lama, baik di tim maupun di kehidupan Jakarta. Kota yang memang menjadi domisilinya kala melatih Bhayangkara FC dan Timnas Indonesia.

Konsistensi

Selain pengalaman, Simon Mcmenemy juga berpeluang besar menghadirkan konsistensi di Persija Jakarta. Hal itu seperti yang dihadirkannya di Bhayangkara FC. Menjadi juara di tahun 2017, Simon Mcmenemy pun bisa membawa Bhayangkara FC bertengger di peringkat tiga pada musim berikutnya.

Konsistensi yang ditunjukan Simon Mcmenemy tersebut tentu sangat menjanjikan buat Persija Jakarta. Dengan begitu, mereka tak perlu repot berganti-ganti pelatih setiap musimnya atau bahkan berganti pelatih beberapa kali dalam semusim seperti di Liga 1 2019.

Pemain Baru

Keuntungan berikutnya jika Persija Jakarta menunjuk Simon Mcmenemy sebagai pelatih adalah potensi adanya nama-nama besar yang bisa dibawa serta.

Selayaknya pelatih lainnya, Simon Mcmenemy tentu memiliki kedekatan dengan sejumlah pemain, khususnya yang pernah menjadi anak asuhnya.

Jika dirinya ditunjuk sebagai pelatih persija Jakarta di Liga 1 2020, sangat mungkin pemain tersebut akan turut dibawanya.

Secara kebetulan pula, pemain tersebut adalah nama-nama yang dirumorkan dengan Persija Jakarta belakangan ini. Seperti Otavio Dutra dan Evan Dimas.

Maka, jika sampai Simon Mcmenemy benar ditunjuk Persija Jakarta sebagai pelatih, maka bukan mustahil dua nama tersebut akan mengikutinya di Liga 1 2020.