In-depth

Akankah Alfath Fathier Jadi Jebolan Akademi Persib Selanjutnya yang Diidolai di Persija?

Senin, 30 Desember 2019 18:40 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Media Persija
Alfath Fathier menjadi pemain jebolan akademi Persib Bandung berikutnya yang hijrah ke Persija Jakarta. Akankah dirinya menjadi idola? Copyright: © Media Persija
Alfath Fathier menjadi pemain jebolan akademi Persib Bandung berikutnya yang hijrah ke Persija Jakarta. Akankah dirinya menjadi idola?

INDOSPORT.COM - Alfath Fathier menjadi pemain jebolan akademi Persib Bandung berikutnya yang hijrah ke Persija Jakarta. Akankah dirinya menjadi idola?

Setelah menjalani karier di sejumlah klub, Alfath Fathier akhirnya berlabuh ke Persija Jakarta pada gelaran Liga 1 2020. Persija Jakarta menjadi klub ketiga di level senior yang dibela pria 23 tahun itu, usai meneimba ilmu bersama akademi Persib Bandung pada tahun 2013 hingga 2016.

Sebagai jebolan akademi Persib , terlebih merupakan putra asli kelahiran Bandung, kedatangan Alfath Fathier ke Persija Jakarta tentu menjadi menarik untuk dicermati.

Selain latar belakang sejarah rivalitas kedua klub, kepindahan Alfath Fathier ke Persija Jakarta juga melahirkan peluang dirinya bisa menjadi idola baru publik suporter Jakmania.

Sebab, sebelum kedatangan Alfath Fathier, sudah ada setidaknya dua jebolan akademi Persib Bandung yang kini jadi idola suporter Jakmania di Persija Jakarta.

Mereka adalah penjaga gawang, sekaligus kapten Persija Jakarta saat ini, Andritany Ardhiyasa, dan pemain belakang yang masih berusi 24 tahun, Ryuji Utomo.

Akankah Alfath Fathier Jadi Idola di Persija Jakarta?

Melihat sukses Andritany Ardhiyasa dan Ryuji Utomo menjadi idola suporter Persija Jakarta, Jakmania, peluang tentu terbuka buat Alfath Fathier.

Dengan usia yang baru 23 tahun, Alfath Fathier tentu mempunyai waktu panjang untuk menjejaki langkahnya menjadi idola di Persija Jakarta.

Sebab, berkaca pada Andritany dan Ryuji Utomo, keduanya juga menjadi idola di Persija Jakarta bukan dalam waktu yang singkat.

Andritany, yang menimba ilmu di Akademi Persib Bandung pada tahun 2006 misalnya, butuh waktu bertahun-tahun sejak bergabung di tahun 2010, hingga akhirnya menjadi idola di Persija Jakarta.

Andritany pun harus rela merasakan duduk di bangku cadangan, dalam beberapa musim awalnya bergabung di Macan Kemayoran.

Begitupun Ryuji Utomo. Dengan fisik sempurna sebagai pemain belakang, Ryuji harus rela menjadi pelapis Maman Abdurahman dan Willian Pacheco di Persija Jakarta pada Liga 1 2017. Bahkan Ryuji Utomo sempat merantau ke Liga Thailand, sebelum akhirnya kembali ke Persija Jakarta di Liga 1 2019.

Namun berkat kesetiaannya kembali ke Persija Jakarta dan didukung penampilannya di atas lapangan, Ryuji perlahan mulai bisa mengambil hati Jakmania. Dirinya pun kini menjadi salah satu pemain yang penampilannya selalu dinantikan di atas lapangan bersama Persija Jakarta.

Berkaca pada dua pemain di atas, maka jika Alfath Fathier ingin menjadi idola di Persija Jakarta, dirinya harus bersabar dan bertahan bersama klub berjuluk Macan Kemayoran itu lebih lama. 

Apalagi, dengan posisi sebagai bek sayap, kemungkinan Alfath Fathier tak akan tampil reguler bersama Persija Jakarta di Liga 1 2020. Sebab, masih ada dua nama besar lainnya di posisi tersebut. Ismed Sofyan dan Rezaldi Hahanusa.

Jika bisa bersabar bertahan hingga setidaknya musim depan dan bisa menunjukan penampilan luar biasa saat dipercaya bermaian, maka bukan tak mungkin Alfath Fathier akan jadi jebolan Akademi Persib Bandung berikutnya yang menjadi idola di Persija Jakarta dalam gelaran Liga 1.