Liga Indonesia

Juara Liga 1 Putri, Persib Bandung Akan Membangun Akademi Putri

Senin, 30 Desember 2019 10:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Rafif Rahedian
© Arif Rahman/INDOSPORT
Bobotoh beri sambutan meriah untuk Persib Putri yang juara Liga 1 2019. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Bobotoh beri sambutan meriah untuk Persib Putri yang juara Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Manajer Persib Bandung Putri sekaligus General Manager Diklat Persib Yoyo S. Adiredja bakal membentuk akademi pada awal 2020, untuk menampung pemain sepak bola wanita.

Yoyo menuturkan, Akademi Persib Putri sangat penting untuk membina pemain sepak bola wanita yang ada di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Karena, saat ini sudah ada liga sepak bola putri yang digulirkan PSSI untuk pertama kali di 2019.

"Januari sudah jalan, ketika melihat seri pertama di Sleman Liga 1 Putri sudah jalan, kita juga harus membuat mesin untuk produksi mencetak pemain yang kita bina, hanya menduplikasi apa yang dilakukan putra," kata Yoyo.

Sebelumnya, Persib sudah memiliki akademi dengan jenjang usia yang berbeda bagi putra. Pembinaan di Akademi Persib tersebut menurut Yoyo cukup berhasil, dengan dipanggilnya beberapa pemain ke tim senior maupun Garuda Select.

Pembinaan seperti itu, diharapkan bisa berjalan di Akademi Persib Putri, sehingga ke depannya bisa menghasilkan pemain-pemain yang berkualitas bagi sepak bola putri Indonesia dan Persib Putri.

Apalagi, Yoyo merasa Jawa Barat memiliki potensi pemain sepak bola yang luar biasa, baik putra maupun putri. Situasi ini bisa saja dimanfaatkan dengan baik oleh Persib Putri.

"Tahun ini memang tidak ada gelar juara putra. Tapi tiga pemain kita di AFC, tiga masuk Garuda Select, itu aset kita. Melihat itu, kita lihat pola untuk putri, jadi di Jabar itu potensi putra putri dan anak-anak luar biasa tinggal digali saja," jelasnya.

Sementara itu, pada Liga 1 Putri 2019 tim Persib Putri berhasil meraih gelar juara, setelah di laga final berhasil menaklukkan Tira Persikabo Partini.