Bola Internasional

Mengejutkan, Pelatih Vietnam Buka-bukaan soal Hubungan dengan Shin Tae-yong

Senin, 30 Desember 2019 10:05 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, memiliki hubungan dekat dengan pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, memiliki hubungan dekat dengan pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Pelatih Vietnam, Park Hang-seo, sangat mengapresiasi keberanian Shin Tae-yong untuk berlabuh ke Timnas Indonesia.

Dalam wawancara bersama media Korea Selatan, Chousun.com, Park Hang-seo, buka-bukaan soal hubungannya dengan pelatih baru Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Memang dua pelatih Korea Selatan tersebut dikenal sangat dekat, bahkan Shin Tae-yong sempat meminta pendapat Park Hang-seo sebelum memutuskan untuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Park Hang-seo sudah tidak sabar untuk bisa bersua Shin Tae-yong dalam pertandingan Internasional.

"Pelatih sepak bola berpengalaman jangan takut untuk berkarier di luar negeri. Saya ingin melawan pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, karena sama-sama dilahirkan di tanah Korea," kata Park Hang-seo.

Pelatih berusia 60 tahun itu juga menjelaskan kalau Korea Selatan adalah gudangnya pelatih yang berpengalaman termasuk Shin Tae-yong sendiri.

Saat mejadi pelatih kepala Korea Selatan di Piala Dunia 2018 lalu, Shin Tae-yong tercatat pernah membuat Jerman terpuruk di dasar klasemen.

"Di Korea, ada banyak pemimpin yang berpengalaman dan kompeten yang didorong oleh aliran generasi muda. Ini bukan hanya melakukan bisnis lain atau menginvestasikan modal lainnya. Jika anda punya, saya ingin Anda menantangku," ucap Park Hang-seo.

Memang saat ini karir Park Hang-seo di Vietnam sangat luar biasa.

Yang terhangat adalah sukses membuat Vietnam meraih medali emas sepak bola SEA Games 2019.

Namun Park Hang-seo menyadari suatu saat kariernya pasti akan menurun bahkan bisa diolok-olok oleh warga Vietnam.

"Ketika segalanya berjalan dengan baik, suatu hari nanti akan jatuh ke neraka. Kehidupan pelatih sepakbola yang menang dan kalah dalam 90 menit. Saya mencoba menjalani kehidupan karena saya tahu bahwa popularitas memudar seperti asap," ujarnya.

Dengan kedatangan Shin Tae-yong, para suporter Timnas Indonesia memiliki harapan besar demi kemajuan sepak bola tanah air.

Shin Tae-yong juga memiliki tugas berat karena akan menangani Timnas Indonesia U-20 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%