Liga Indonesia

Sosok Dadang Tri Sismon, Jimat Promosi Bagi Klub Peserta Liga 3

Senin, 30 Desember 2019 13:16 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pemain bertalenta Dadang Tri Sismon ternyata bisa disebut sebagai jimat bagi para peserta Liga 3 yang ingin promosi alias naik kasta.

Dadang diketahui merupakan pemain kelahiran Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, 1 Maret 1998 silam dengan tinggi 180 cm dan berat 70 kg.

Dadang merupakan pemain yang multi-posisi mulai dari bek kanan atau kiri hingga bisa menjadi gelandang bertahan. Tentu saja hal ini menguntungkan tim yang dibelanya.

Pemain yang kini berusia 21 tahun itu mengawali karier di dunia sepak bola profesional kala bergabung dengan PS GAS Sawahlunto pada musim 2016.

Pada musim berikutnya, Dadang membela PSBS Batusangkar. Lalu di edisi 2018, Dadang sempat dikontrak Malang United, Persimura Musirawas hingga berlabuh ke Persik Kediri.

Bersama Persik, Dadang mampu tampil cukup menjanjikan ketika diturunkan oleh tim pelatih. Baik itu sebagai starter maupun dari cadangan.

Dadang ikut berkontribusi dalam membawa Persik tak terkalahkan pada Putaran Nasional 32 Besar Grup G. PSN Ngada (3-0), Persitoli (2-0), dan Persekam Metro (6-0) menjadi korbannya.

Lalu pada Putaran Nasional 16 Besar, Persik kembali mengalahkan Persinga Ngawi dengan skor 2-1. Kemudian kembali tak terkalahkan kala Putaran Nasional 8 Besar.

Persatu Tuban (3-1), Persewar Waropen (1-1), dan Celebest FC (3-2) menjadi korban Persik. Di final, Persik sukses mengalahkan PSCS Cilacap dengan agregat 3-2.

Kemudian pada musim 2019, Dadang Tri Sismon direkrut oleh salah satu wakil Riau KS Tiga Naga untuk melakoni kompetisi Liga 3 (kasta terendah).

Dadang harus menunggu ketika dipercaya untuk menjadi starter ketika laga keenam melawan SEL 50 Kota Babak Pra Putaran Nasional Grup A selama 90 menit.

Dirinya sukses membawa KS Tiga Naga tembus ke Putaran Nasional 32 Besar. Persikota Tangerang (1-1), Tornado FC (3-1), dan Karo United (0-0) berhasil dikalahkan.

Putaran Nasional 16 Besar dan 8 Besar juga membuat Dadang selalu tampil penuh bersama KS Tiga Naga. Sampai akhirnya Dadang bisa membawa klub keduanya ini promosi ke Liga 2 2020 mendatang.

Melihat uraian di atas bisa disebut kalau Dadang Tri Sismon merupakan salah satu dari pemain sepak bola Indonesia yang sukses mengantarkan klub berbeda untuk promosi.