Liga Indonesia

Bukan Pelatih Kepala, Ini Tugas Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Selasa, 31 Desember 2019 13:53 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisah Destria menjelaskan jabatan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Tisha menjabarkan bahwa Tae-yong menempatkan posisi manajer pelatih Timnas Indonesia. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Sekjen PSSI, Ratu Tisah Destria menjelaskan jabatan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Tisha menjabarkan bahwa Tae-yong menempatkan posisi manajer pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - PSSI melalui Sekeretaris Jendral, Ratu Tisah Destria menjelaskan jabatan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Tisha menjabarkan bahwa Tae-yong menempatkan posisi manajer pelatih Timnas Indonesia.

Penjelasan akan posisi Shin Tae-yong memang dirasa dibutuhkan. Sebab masiha ada sedikit kekeliruan mengenai jabatan pelatih asal Korea Selatan ini.

Tisha menjabarkan, bahwa dalam klasul kontrak jelas Tae-yong sebagai manajer pelatih. Dia pun nantinya dibantu empat pelatih dari Korea Selatan.

Tiga asisten pelatih Shin Tae-yong yang baru diketahui adalah Gong Oh-kyun, pelatih kiper Kim Hae-woon, dan pelatih fisik Lee Jae-hong. Satu nama yang masih rahasia adalah pelatih fisik.

Tisha menjelaskan bahwa untuk Timnas Indonesia U-16, U-19, U-22 nantinya akan diisi oleh pelatih kepala. Sementara Tae-yong akan fokus di Timnas U-20 sebagai persiapan Piala Dunia dan Timnas senior.

Meski begitu Tae-yong tetap menjadi supervisi dari pelatih kepala kategori Timnas lainnya.

"Nantinya, di bawah manajer coach ada head coach dan lain-lain. Coach Shin berhak menentukan siapa-siapa, misal Kim Hae-woon sebagai head coach di Timnas mana. Tapi, coach Shin tanggung jawab penuh bisa dibilang pelatih di Timnas Indonesia Senior dan U-20," kata Ratu Tisha.

Untuk lebih detailnya, Tisha mengatakan PSSI akan merilis struktural kepelatihan masing-masing Timnas Indonesia. Pengumuman itu sendiri akan dilakukan pada 6 Januari mendatang.

"Nanti tanggal 6 Januari (2020) soal struktur kepelatihan akan diumumkan secara resmi oleh PSSI," tukas ia.