Liga Indonesia

Latih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Dipastikan Rangkap Jabatan

Sabtu, 28 Desember 2019 19:47 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Tanggung jawab Shin Tae-yong tak hanya di Timnas Indonesia senior. Ia diketahui juga sebagai supervisi Timnas Indonesia U-26, U-19, dan U-22. Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
Tanggung jawab Shin Tae-yong tak hanya di Timnas Indonesia senior. Ia diketahui juga sebagai supervisi Timnas Indonesia U-26, U-19, dan U-22.

INDOSPORT.COM - Shin Tae-yong telah menerima pinangan PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia. Namun menerima pekerjaan ini, Shin Tae-yong ternyata tak hanya bekerja sebagai pelatih Timnas Indonesia Senior.

Shin Tae-yong diperkenalkan PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor. Dia menerima tawaran melatih Timnas Indonesia selama empat tahun.

Namun tanggung jawab Shin Tae-yong ternyata tak hanya di Timnas Indonesia senior. Pelatih berusia 50 tahun diketahui juga sebagai supervisi Timnas Indonesia U-26, U-19, dan U-22.

"Dia melatih Timnas Indonesia senior dan U-20. Namun, dia juga memantau perkembangan timnas level usia seperti U-22 dan U-16," kata Ketua PSSI Mochamad Iriawan.

Hal senada ditegaskan kembali oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto. Pria yang kerap disapa IB ini menegaskan bahwa Shin Tae-yong ada manajer pelatih Timnas Indonesia.

Oleh karenanya, mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut punya kuasa di Timnas kelompok umur seperti U-16 dan U-22.

"Jadi Shin Tae-yong statusnya manajer dan pelatih untuk Timnas Indonesia dan U-20. Dia juga akan membantu timnas Indonesia U-16 dan U-22," ujar Iwan Budianto.

Shin Tae-yong ditargetkan PSSI memperbaiki penampilan Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Selain itu, ia juga diminta membawa skuat Garuda juara Piala AFF 2020 pada November-Desember mendatang.