Bola Internasional

Resmi! PSSI Tunjuk Shin Tae-yong dengan Kontrak Berdurasi 4 Tahun

Sabtu, 28 Desember 2019 17:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
PSSI kontrak Shin Tae-yong selama empat tahun. Begini penjelasan Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, di Stadion Pakansari, Sabtu (28/12/19). Copyright: © Roihan Susilo Utomo/INDOSPORT
PSSI kontrak Shin Tae-yong selama empat tahun. Begini penjelasan Ketua Umum PSSI, Iwan Bule, di Stadion Pakansari, Sabtu (28/12/19).

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, akhirnya menerima tawaran kontrak dari PSSI untuk menangani timnas Indonesia dengan durasi empat tahun. Penandatanganan kontrak dilakukan di Stadion Pakansari, Kab. Bogor, Sabtu (28/12/19).

Sebelumnya, santer beredar kabar PSSI hanya mengontrak pelatih anyar timnas senior dengan durasi setahun saja. Namun, terobosan baru dilakukan untuk mengembangkan sepak bola Indonesia lewat jasa Shin Tae-yong.

Setelah melakukan diskusi panjang dalam dua hari terakhir, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, bersama komite eksekutif (Exco) dan Shin Tae-yong akhirnya sepakat untuk mengikat kontrak jangka panjang selama empat tahun.

“Shin Tae-yong akan menjalankan program proyek jangka panjang empat tahun, klausulnya ada,” jelas Iwan Bule di Stadion Pakansari, Sabtu (28/12/19).

“Dia dipilih Exco dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari pelatih dan departemen teknik. Tentunya PSSI ingin membangun timnas yang solid dan berprestasi. Ini tak bisa secara instan,” jelasnya.

Guna memuluskan target tersebut, Shin Tae-yong memboyong serta sejumlah asistennya dari Korea Selatan, dan akan didampingi pula oleh para pelatih Indonesia terpilih, yakni Indra Sjafri dan Seto Nurdiyantoro.

“Shin Tae-yong tak kerja sendiri, ada asisten dan pembantunya dibawa dari Korea Selatan dengan pelatih-pelatih di sini. Ada pelatih lokal yang berkolaborasi dengan Shin, karena lebih tahu karakter pemain,” cetus Iwan Bule.

Shin Tae-yong sendiri mengaku tertantang untuk menangani timnas Indonesia yang berjuang di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2019. Dia juga berminat melatih di level kelompok usia, hingga ia menolak tawaran klub China beberapa waktu lalu.

KedatanganShin Tae-yong juga menjadi terobosan anyar Iwan Bule selepas dilantik sebagai Ketua Umum PSSI terpilih pada November lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%