Bola Internasional

Shin Tae-yong Tolak Opsi Perpanjangan Dua Tahun Kontrak Bersama Timnas?

Sabtu, 28 Desember 2019 10:58 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Shin Tae-yong kabarnya menolak opsi perpanjangan kontrak dari PSSI untuk menangani Timnas Indonesia. Copyright: © Getty Images
Shin Tae-yong kabarnya menolak opsi perpanjangan kontrak dari PSSI untuk menangani Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COMShin Tae-yong disodorkan tawaran kontrak berdurasi tiga tahun plus opsi perpanjangan dua tahun dari PSSI bersama Timnas Indonesia. Namun, ia kabarnya menolak opsi perpanjangan tersebut.

Dikutip dari akun jurnalis Korea Selatan, realstevescores, penolakan opsi itu membuat Shin Tae-yong hanya memiliki kontrak tiga tahun. Eks pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu punya alasan dirinya hanya ingin kontrak tiga tahun terlebih dahulu.

“Saya punya hak untuk memilih durasi kontrak, sehingga wajar saja menolak perpanjangan dua tahun. Tujuan saya di Timnas Indonesia adalah membuktikan diri hanya dalam waktu tiga tahun,” demikian dilaporkan Sports Khan.

Berbicara mengenai pembuktian, Shin Tae-yong akan menangani Timnas senior, U-23, dan U-20 sekaligus. Selain melanjutkan kiprah Timnas senior di Kualifikasi Piala Dunia 2022, ia bertugas menyiapkan tim untuk Piala Dunia U-20 2021.

Bersamaan dengan besarnya tanggung jawab Shin, PSSI memberikannya nilai kontrak dengan kisaran 500 ribu hingga 1 juta USD (Rp7-14 miliar) per tahun. Artinya, dalam satu bulan, ia menerima gaji sebesar 590 juta hingga Rp1,2 miliar.

Shin juga mengaku sangat bahagia setelah memilih Timnas Indonesia. Ia terinspirasi oleh kompatriotnya, Park Hang-seo, yang membawa Vietnam menjadi juara di Piala AFF 2018 serta meraih medali emas SEA Games 2019.

Jika hanya untuk keuntungan pribadi, saya jelas akan berlabuh ke klub China atau Jepang. Namun, saya lebih terinspirasi Park Hang-seo bersama Vietnam. Saya sekaligus ingin Korea menjadi semakin dikenal di Indonesia,” lanjut Shin.

Shin Tae-yong akan memulai debutnya bersama Timnas Indonesia senior pada 26 Maret 2020 mendatang, dengan menghadapi Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dengan jadwal tersebut, ia setidaknya memiliki dua bulan untuk masa persiapan.