Bola Internasional

Media Korea Selatan Punya Julukan Unik untuk Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Senin, 23 Desember 2019 16:53 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, disamatkan julukan ‘Fox on The Ground’ oleh media di Korea Selatan. Meski punya pembawaan tenang, pria berusia 50 tahun ini dianggap ‘buas’ saat sudah menangani sebuah tim.

Julukan ‘Fox on The Ground’ ini salah satunya disematkan oleh situs Chosun. Situs tersebut mengakui bahwa Shin Tae-yong adalah seorang pemimpin yang atraktif. Hal itu membuatnya mendapatkan tawaran dari berbagai tim sejak beberapa bulan lalu.

Pria kelahiran Yeongdeok itu menerima tawaran dari klub asal China (Shenzhen FC), beberapa klub Thailand, serta Timnas Indonesia. Namun, ia memilih Indonesia karena dinilai lebih cocok untuk menerapkan filosofi permainannya.

Selain itu, Chosun juga mengakui bahwa Shin Tae-yong adalah salah satu pelatih Korea Selatan yang pernah meraih gelar bergengsi, baik di level klub maupun internasional. Meski lama tak memenangkan trofi, catatan itu tetap akan ada di rekam jejaknya.

Di level klub, ia pernah membawa Seongnam Ilhwa Chunma menjuarai Liga Champions Asia 2010. Capaian ini dinilai impresif karena gelar itu ia raih saat berada pada musim keduanya. Setahun berselang, ia mempersembahkan trofi Piala Korea untuk tim yang sama.

Pada 2017, giliran Timnas Korea Selatan yang meraih kesuksesan bersamanya. Ia membawa Taeguk Warriors memenangkan Piala Asia Timur 2017. Kemenangan ini juga sangat apik karena ia mengalahkan negara kuat seperti Jepang dan Korea Utara.

Dari 21 pertandingan yang ia jalani, Timnas Korea Selatan senior meraih rataan 1,29 poin dengan rincian tujuh kemenangan, enam seri, dan delapan kekalahan. Mayoritas kekalahannya terjadi kala bertemu dengan negara-negara Eropa.

Kabar penunjukan Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia sendiri dinyatakan oleh Wakil Ketua PSSI, Cucu Soemantri, Senin (23/11/19). Namun, ia belum bisa memaparkan semuanya, baik durasi kontrak hingga targetnya ke depan.