Bola Internasional

PSSI Tunjuk Shin Tae-yong Sebagai Pelatih Timnas Indonesia

Senin, 23 Desember 2019 12:48 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
PSSI selaku induk federasi sepak bola Indonesia resmi menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, sebagai pelatih Timnas Indonesia. Copyright: © Getty Images
PSSI selaku induk federasi sepak bola Indonesia resmi menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, sebagai pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – PSSI selaku induk federasi sepak bola Indonesia resmi menunjuk pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, sebagai pelatih Timnas Indonesia. Ia akan diperkenalkan ke publik pada 25 Januari 2020 mendatang.

Kabar penunjukan Shin Tae-yong ini dinyatakan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Soemantri, pada Senin (23/12/19). PSSI disinyalir tertarik dengan pemaparan Shin untuk masa depan Timnas Indonesia.

Hanya saja, PSSI belum mengumumkan perihal durasi dan nilai kontrak untuk eks pelatih Timnas Korea Selatan tersebut. Hal tersebut kabarnya akan diumumkan lebih lanjut saat Kongres PSSI, Januari 2020 mendatang.

Penunjukan Shin Tae-yong oleh PSSI ini sekaligus mengakhiri rumor yang mengaitkannya ke Shenzhen FC. Sebelumnya, ia dikabarkan sudah menemui kesepakatan dengan klub kasta kedua Liga China itu dan akan bergabung dalam waktu dekat.

Selain itu, Luis Milla juga dipastikan tidak akan kembali menangani Timnas Indonesia. Pelatih asal Spanyol ini sebelumnya masuk dalam bursa pelatih pengganti Simon McMenemy. Namun, PSSI tampaknya tak lagi tertarik untuk merekrutnya.

Shin Tae-yong adalah salah satu pelatih yang sukses di Korea Selatan. Ia pernah membawa Seongnam Ilhwa Chunma menjuarai Liga Champions Asia musim 2010. Bersama Timnas Korsel pun, ia berhasil meraih trofi Piala Asia Timur 2017.

Salah satu kiprahnya yang diingat publik sepak bola dunia ialah kala membawa Korea Selatan mengalahkan Jerman di laga terakhir fase grup Piala Dunia 2018. Meski sudah dipastikan tersingkir, Taeguk Warriors dua kali menjebol gawang Manuel Neuer.

3