Bola Internasional

Media Vietnam Soroti Pelatih Timnasnya sebagai Guru Shin Tae-yong

Selasa, 31 Desember 2019 11:51 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Rafif Rahedian
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Park Hang-seo disebut sebagai guru oleh Shin Tae-yong. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Park Hang-seo disebut sebagai guru oleh Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM – Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyebutkan bahwa Park Hang-seo (pelatih Timnas Vietnam) adalah sosok guru baginya. Pernyataan tersebut ternyata menjadi sorotan oleh media Vietnam, Zing.

“Saya menganggap Park Hang-seo sebagai guru. Jika ia di Vietnam dipanggil ‘bapak’, saya di Indonesia ingin dianggap sebagai kakak oleh para pemain. Saya ingin memperlihatkan kepada mereka jika saya juga memahami sepak bola,” ucap Shin dikutip dari Zing.

Jika menilik usia keduanya, Park Hang-seo jelas lebih senior dengan berjarak 10 tahun atas Shin Tae-yong. Park, yang kini telah berumur 60 tahun, juga berkecimpung di dunia kepelatihan jauh lebih awal dibanding rekan senegaranya.

Park Hang-seo sudah bergabung sebagai caretaker Timnas Korea Selatan pada 2000. Dua tahun setelahnya, ia turun menjadi asisten pelatih Guus Hiddink dalam ajang Piala Dunia.

Pada tahun yang sama, Park Hang-seo menangani Korea Selatan U-23 di Asian Games. Ia kemudian berhasil mendapatkan medali perunggu dan akhirnya memutuskan untuk keluar. Barulah 15 tahun berikutnya, ia menangani Vietnam.

Sedangkan, Shin Tae-yong baru mulai menjadi caretaker Timnas Korea Selatan pada 2014. Setelah terlebih dahulu menangani Taeguk Warriors U-23 dan U-20, ia akhirnya diangkat sebagai pelatih Korea Selatan senior untuk Piala Dunia 2018.

Meski jauh lebih muda, Shin Tae-yong tidak akan gentar memperlihatkan kapasitasnya. Ia secara perlahan akan memperbaiki kelemahan Timnas Indonesia dan bahkan secara spesifik mengalahkan Vietnam yang kini menjadi negara terkuat ASEAN.

“Saya akan mempelajari Indonesia demi tidak mengecewakan ratusan juta pendukungnya. Nantinya, saya juga akan berusaha bermain sebaik mungkin kala bertemu Vietnam dan Park Hang-seo,” tutup Shin.

Shin Tae-yong sendiri bakal menangani Timnas Indonesia dengan kontrak hingga tiga tahun ke depan. Selain Timnas Indonesia senior, ia rencananya juga akan menukangi skuat Garuda Nusantara di Piala Dunia U-20 2021.