Liga Indonesia

3 Pemain Jangkung Asia yang Bisa Diboyong Bojan Hodak ke PSM di Liga 1 2020

Rabu, 1 Januari 2020 18:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© AFC
Butuh penyerang berpostur tinggi, berikut tiga striker jangkung benua Asia yang bisa diboyong Bojan Hodak ke PSM Makassar dalam gelaran Liga 1 2020. Copyright: © AFC
Butuh penyerang berpostur tinggi, berikut tiga striker jangkung benua Asia yang bisa diboyong Bojan Hodak ke PSM Makassar dalam gelaran Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Butuh penyerang berpostur tinggi, berikut tiga striker jangkung benua Asia yang bisa diboyong Bojan Hodak ke PSM Makassar dalam gelaran Liga 1 2020.

Sebelumnya, PSM resmi menunjuk Bojan Hodak sebagai pelatih baru untuk musim depan, menggantikan tugas Darije Kalezic yang dilepas meski sang juru latih berhasil memberikan gelar juara Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19.

Dalam konferensi pers kepada awak media, CEO Munafri Arifuddin menyebut jika penunjukkan Bojan Hodak sebagai pelatih PSM lantaran ia paham iklim sepak bola di Asia Tenggara.

Bojan Hodak punya rekam jejak mentereng sepanjang kariernya dan beberapa kali berhasil menjuarai kompetisi di akhir musim. Pelatih asal Kroasia tersebut pun cukup berpengalaman mentas di Piala AFC.

Meski belum bertemu dengan skuat PSM Makassar, Bojan Hodak telah bergerak cepat dan meminta sejumlah pemain incaran kepada manajemen klub.

Salah satu permintaan Hodak kepada manajemen adalah sosok penyerang asing bertubuh jangkung. Sebab, pelatih berkepala plontos ini gemar menggunakan formasi 4-4-2, sehingga membutuhkan satu penyerang yang andal dalam bola atas.

"Dia (Bojan) butuh striker jangkung, itu salah satu yang dia sampaikan kepada saya," ucap Munafri Arifuddin, Selasa (31/12/19).

Walau belum diketahui siapa sosok striker jangkung yang bakal didatangkan PSM untuk memenuhi kebutuhan Hodak nanti, INDOSPORT coba merangkum dan mengulas deretan penyerang tinggi asal Asia yang mungkin bisa menjadi alternatif di bursa transfer nanti.

Siapa sajakah mereka? Berikut tiga pemain jangkung asal Asia yang bisa dibawa Bojan Hodak ke PSM musim depan:

1. Kosuke Kinoshita
Nama pertama adalah Kosuke Kinoshita, penyerang kelahiran Jepang ini memiliki tinggi 190 cm dan punya rekam jejak cukup baik dalam hal menjebol gawang lawan.

Total di musim lalu, pemain berusia 25 tahun tersebut berhasil mencetak 13 gol dan memberikan tiga assist dalam 29 laga bersama Halmstad di Superettan atau kasta kedua Liga Swedia.

Untuk mendatangkan Kosuke Kinoshita pun terbilang cukup mudah, sebab mantan pemain timnas Jepang U 19 tersebut cuma memiliki market value sebesar 200.000 euro (sekitar Rp.3,1 miliar).

2. Xu Yang
Berikutnya ada pemain China, Xu Yang yang juga cukup bertaji sebagai striker berpostur tinggi. Memiliki ukuran tubuh setinggi 188 cm, penyerang TJ Tianhai ini berhasil mencetak 8 gol dan memberikan empat assist dalam 31 laga di musim lalu.

Xu Yang juga kerap menjadi andalan timnas China sejak 2009, total pemain 31 tahun ini telah tampil sebanyak 54 kali dan mencetak 28 gol untuk The Team Dragon.

3. Abdulla Yusuf Helal
Terakhir ada Abdulla Yusuf Helal, bintang asal Bahrain ini memang kurang begitu menonjol secara statistik namun pengalaman serta jam terbangnya saat mentas di kompetisi Eropa bisa menjadi nilai lebih.

Penyerang bertinggi 194 cm ini tercatat pernah tiga kali tampil dalam ajang Liga Champions saat memperkuat Slavia Praha musim ini. Dia juga menjadi andalan timnas Bahrain, total dirinya berhasil mencetak lima gol dalam 48 laga sejak 2012.

1