Bola Internasional

Siapa Iner Sontany Putra? Putra Betawi yang Main di Brunei dan Timor Leste

Rabu, 1 Januari 2020 15:05 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Rafif Rahedian
© Doc.Pribadi Iner Sontany
Iner Sontany, gelandang asal Jakarta yang gabung Lalenok United FC Copyright: © Doc.Pribadi Iner Sontany
Iner Sontany, gelandang asal Jakarta yang gabung Lalenok United FC

INDOSPORT.COM - Iner Sontany Putra menjadi perhatian seiring kepindahannya ke Liga Timor Leste yang membuat dirinya diguyur fasilitas mewah.

Di saat bertebarannya rumor transfer pemain di Liga 1, pemain asal Jakarta Iner Sontany Putra mencuri perhatian dengan kepindahannya ke klub Liga Timor Leste Lalenok United.

Menjadi perhatian, sebab dengan nama yang masih terhitung asing di sepak bola Indonesia, Iner Sontany Putra justru dipercaya sebuah klub asing. Bahkan mendapatkan fasilitas mewah selayaknya pemain bintang.

"Tempat tinggal yang sangat istimewa, kendaraan pribadi juga. Dan setiap mau pergi selalu dikawal anak buah. Kebetulan presiden klub merupakan petinggi kepolisian Timor Leste," terang Iner Sontany Putra kepada INDOSPORT.

Maka dari itu, untuk lebih mengenal siapa sebenarnya Iner Sontany Putra, berikut INDOSPORT rankumkan profil singkatnya.

Perjalanan Karier Iner Sontany Putra 

Iner Sontany Putra adalah pemain asli Jakarta 1 May 1995, yang berposisi sebagai gelandang. Meski merupakan putra asli Betawi, Iner justru mengawali karier seniornya di klub Persiba Bantul pada kompetisi Divisi Utama tahun 2012, kala usiannya masih 17 tahun.

Setahun berselang Iner Sontany Putra hijrah ke tim Pelita Bandung Raya U-21 di musim 2013. Menyusul setelahnya klub Pro Duta FC juga sempat memakai jasa Iner Sontany Putra kala bermain di sebuah turnamen di Italia.

Iner Sontany Putra sempat bermain di tanah kelahirnanya, namun bukan Persija Jakarta. Melainkan di Persitara Jakarta Utara di Divisi Utama 2013/14.

Kebiasaan Iner Sontany Putra berpindah klub berlanjut di musim 2015, saat dirinya hijrah ke PSIM Yogyakarta. Dan di musim 2016 ia juga pernah hijrah ke Mitra Kukar.

Petualangan Iner Sontany Putra di klub luar negeri sendiri baru dimulai di tahun 2017. kala dirinya menjalai trial di klub malaysia PKNP FC. meski akhirnya gagal terpilih.

Setahun berselang, Iner Sontany Putra mencoba peruntungan di negara Timor Leste. Dirinya memperkuat klub Liga Timor Leste Dili Institute of Technology (DIT) FC. Hanya bermain empat bulan di DIT FC, Iner Sontany Putra hengkang setelah timnya terdegradasi dari kasta tertinggi.

Dan akhirnya di musim lalu, klub Liga Brunei Indera SC menjadi labuhan Iner Sontany Putra. Di Brunei, Iner Sontany Putra sukses memberikan satu gelar Piala Super Brunei dan Piala Sumbangsih Brunei DST 2018.

Selain malang melintang di level klub, Iner Sontany Putra juga sempat mencicipi berseragam Timnas Indonesia. kala dirinya dipercaya pelatih Indra Sjafri, tergabung dalam Timnas Indonesia U-17 yang juara invitasi sepak bola di Hong Kong, HKFA Cup 2012.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%