Bola Internasional

3 Klub Korea Selatan yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Osvaldo Haay

Kamis, 2 Januari 2020 19:21 WIB
Editor: Coro Mountana
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
3 Klub Korea Selatan yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Osvaldo Haay. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
3 Klub Korea Selatan yang Bisa Jadi Pelabuhan Baru Osvaldo Haay.

INDOSPORT.COM – Osvaldo Haay mendadak menjadi perbincangan di dunia maya usai tersiar rumor yang menyebutkan bahwa ia diminati beberapa klub Korea Selatan.

Osvaldo Haay sepanjang tahun 2019 memang tampil cukup mengesankan dengan menorehkan 6 gol dan 3 assists dalam 20 pertandingan Liga 1 bersama Persebaya Surabaya. Di level Timnas U-23 pun, Osvaldo Haay sukses mengantarkan Indonesia ke final SEA Games 2019 sekaligus menjadi top skor turnamen.

Tak pelak, Osvaldo Haay pun dikabarkan tengah dilirik oleh sejumlah klub di Korea Selatan. Rumor tersebut pun muncul usai ada regulasi baru dalam Liga Korea Selatan 2020 yaitu penambahan kuota satu pemain asing asal Asia Tenggara untuk berlaga di negeri ginseng.

Sejatinya Osvaldo Haay juga disebutkan tengah diminati oleh klub Malaysia, Sabah FA dan Bhayangkara FC, tapi tampaknya bermain di Korea Selatan akan menjadi tawaran yang sangat menggiurkan. Lantas, klub Korea Selatan apa saja yang bisa jadi pelabuhan baru Osvaldo Haay?

Incheon United

Pertama ada Incheon United yang merupakan penghuni kasta teratas Liga Korea Selatan tahun 2020. Prestasi tertinggi Incheon United sendiri adalah menjadi runner up Liga Korea Selatan pada musim 2005.

Pada musim lalu, Incheon United mengalami musim yang tak terlalu baik dengan hanya menempati posisi ke-10. Kedatangan Osvaldo Haay diyakini akan menambah dimensi baru bagi Incheon United di Liga Korea Selatan yaitu kecepatan tinggi.

Kemungkinan Incheon United untuk merekrut pemain Indonesia seperti Osvaldo Haay cukup tinggi, pasalnya mereka pernah mengontrak pemain asal Vietnam. Adalah Luong Xuan Truong yang pernah membela Incheon United pada Liga Korea Selatan musim 2016.

© kenh14.vn
Xuan Truong saat bergabung ke Incheon United. Copyright: kenh14.vnLuong Xuan Truong saat bergabung ke Incheon United.

Gangwon FC

Luong Xuan Truong ternyata pernah membela klub Korea Selatan lainnya selain Incheon United yaitu Gangwon FC pada 2017. Berkaca dari pengalaman pernah memiliki pemain asing asal Vietnam, bukan tidak mungkin Gangwon bakal melirik Osvaldo Haay.

Apalagi, Gangwon FC ternyata sangat menggemari para pemain yang bermain di Asia Tenggara. Bagaimana tidak, selain Luong Xuan Truong, Gangwon FC saat masih di kasta kedua Liga Korea Selatan ternyata pernah memiliki pemain Timor Leste bernama Diogo pada 2014.

Jika pemain asal Timor Leste saja bisa membuat klub Korea Selatan seperti Gangwon FC kepincut, apalagi Osvaldo Haay.

Apalagi dengan akan bermainnya Gangwon di kasta teratas Liga Korea Selatan, jasa Osvaldo Haay sedikit banyak bisa saja membantu tim peringkat keenam musim lalu itu berbicara banyak pada 2020.

Daejeon Citizen

Terakhir ada klub kasta kedua Liga Korea Selatan musim 2020 yaitu Daejeon Citizen yang bisa menjadi klub baru Osvaldo Haay. Sama seperti Gangwon dan Incheon United, Daejeon Citizen ternyata juga pernah memiliki pengalaman memiliki pemain asal Asia Tenggara.

Pada Liga Korea Selatan musim 2015, Daejeon Citizen tercatat pernah memiliki pemain asal Filipina bernama Alvaro Silva.

Pada akhirnya Incheon United, Daejeon Citizen dan Gangwon FC menjadi klub Korea Selatan yang bisa saja menampung Osvaldo Haay berdasarkan pengalamannya pernah miliki pemain Asia Tenggara. Yang artinya mereka tahu cara memaksimalkan potensi pemain Asia Tenggara termasuk Indonesia.