Liga Inggris

Lagi! Kontroversi VAR, Gol Pemain Aston Villa Dianulir Setelah Tumitnya Dianggap Offside

Kamis, 2 Januari 2020 00:28 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala
© skysports
Gol pemain Aston Villa Jack Grealish yang dianggap offside oleh var (video assistant referee). Copyright: © skysports
Gol pemain Aston Villa Jack Grealish yang dianggap offside oleh var (video assistant referee).

INDOSPORT.COM - Kontroversi var (video assistant referee) kembali terjadi di Liga Inggris, dalam pertandingan Burnley vs Aston Villa. Setelah gol Jack Grealish dianggap offside karena tumit.

Setelah menjadi perdebata di beberapa pertandingan sebelumnya. Temasuk di laga pekan ke-20 antara Liverpool vs Wolverhampton, kontroversi var (video assistant referee) kembali mewarnai Liga Inggris pada pekan ke-21.

Kontroversi var tersebut terjadi dalam pertandingan antaran Burnley vs Aston Villa di Stadion Turf Moor, Rabu (01/01/20). Kontroversi var terjadi pada menit ke-11, yakni ketika gol pemain Aston Villa Jack Grealish dianulir oleh wasit setelah melihat tayangan ulang melalui var.

Jack Grealish yang mendapatkan sodoran dari belakang, sebenarnya dengan baik bisa menyelesaikan menjadi gol. Wasit pun sempat mengesahkan gol Jack Grealish, karena jika dilihat dengan kasat mata, tak ada masalah dalam gol pemain asal Inggris itu.

Namun setelah beberapa saat, wasit memutuskan untuk melihat tayangan ulang melalui var. Hasilnya pun, gol Jack Grealish dianggap tidak sah, dianulir karena terlebih dulu dianggap berada dalam posisi offside.

Yang menjadikannya kontroversi perdebatan adalah Jack Grealish dianggap offside karena ujung tumit kakinya dianggap telah melewati batas offside, kendati hanya beberapa centimeter.

© skysports
Gol pemain Aston Villa Jack Grealish yang dianggap offside oleh var (video assistant referee). Copyright: skysportsGol pemain Aston Villa Jack Grealish yang dianggap offside oleh var (video assistant referee).

Tak bisa berbuat banyak dengan keputusan yang diambil wasit setelah melihat var itu, beruntung buat Jack Grealish sebab dirinya bisa kembali bisa melesatkan gol, yang akhirnya di sahkan di menit ke-41.

Sempat dirugikan, Aston Villa pun tetap bisa keluar sebagai pemenang di pertandingan pekan ke-21 Liga Inggris melawan Burnley itu dalam skor akhir 2-1.