Liga Italia

Dejan Kulusevski Datang, 3 Pemain Juventus Ini Bisa Jadi Korban

Jumat, 3 Januari 2020 09:49 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Daniele Badolato/GettyImages
Dejan Kulusevski, penggawa anyar klub Serie A Italia, Juventus. Copyright: © Daniele Badolato/GettyImages
Dejan Kulusevski, penggawa anyar klub Serie A Italia, Juventus.

INDOSPORT.COM - Kedatangan gelandang serang Dejan Kulusevski bisa mengancam posisi sejumlah pemain Juventus.

Juventus resmi mendatangkan Dejan Kulusevski dari Atalanta di bursa transfer musim dingin Januari 2020. Menurut laporan Gazzetta Dello Sport, Juventus harus merogoh kocek sebesar 35 juta euro (Rp543 miliar) plus bonus 9 juta euro, untuk mendatangkan sang gelandang.

Meski sudah resmi berseragam Juventus dengan durasi kontrak empat tahun, Dejan Kulusevski baru akan bergabung pada Agustus 2020 mendatang. Dirinya saat ini masih akan bermain di Parma karena dipinjamkan oleh Atalanta.

Sebelum gabung Juventus, Dejan Kulusevski sejauh ini telah menyumbangkan empat gol dan tujuh assist dalam 17 penampilan di Serie A Liga Italia untuk Parma musim ini. 

Kedatangan gelandang serang belia ini pun mengancam posisi sejumlah pemain Bianconeri. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. Paulo Dybala

© Tullio M. Puglia/Getty Images
Paulo Dybala melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang AC Milan pada menit ke-77 pada laga Serie A Italia di Allianz Stadium. Copyright: Tullio M. Puglia/Getty ImagesPaulo Dybala melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang AC Milan pada menit ke-77 pada laga Serie A Italia di Allianz Stadium.

Dejan Kulusevski adalah pemain versatile yang bisa dimainkan di sejumlah posisi di lini depan mulai dari penyerang sayap sampai penyerang lubang. 

Kemampuan Kulusevski ini pun mengancam posisi Paulo Dybala. Ya, penyerang asal Argentina itu juga kerap dipasang di posisi playmaker atau pun penyerang sayap. 

Dengan kehadiran Kulusevski, kesempatan bermain Dybala otomatis berkurang. Apalagi, Kulusevski juga terkenal sebagai eksekutor tendangan bebas dan penalti yang ulung. Peran eksekutor selama ini dibebankan kepada Dybala. 

2. Douglas Costa

© Youtube/Juventus
Douglas Costa, penggawa Juventus Copyright: Youtube/JuventusDouglas Costa, penggawa Juventus

Selain Dybala, penyerang cadangan Juventus, Douglas Costa, juga bisa menjadi korban kedatangan Kulusevski. Sama seperti Kulusevski, Douglas Costa juga biasa main di posisi penyerang sayap dalam formasi 4-3-3. 

Dengan catatan statistik Kulusevksi yang lebih bagus musim ini ketimbang Costa, ada kemungkinan pada musim 2020-2021 nanti pelatih lebih mengutamakan Kulusevski ketimbang Costa. 

3. Federico Bernardeschi

© Valerio Pennicino - Juventus FC/Juventus FC via Getty Images
Duel Federico Bernardeschi dengan Giorgio Kyriakopoulos Copyright: Valerio Pennicino - Juventus FC/Juventus FC via Getty ImagesDuel Federico Bernardeschi dengan Giorgio Kyriakopoulos

Federico Bernardeschi selama beberapa musim dinilai sebagai salah satu pilar asli Italia yang berperan besar dalam kesuksesan Juventus. Namun, kehadiran Aaron Ramsey, Gonzalo Higuain, dan Cristiano Ronaldo memuat Bernardeschi tersisih. 

Pemain Timnas Italia itu tak bisa benar-benar menjadi pemain inti Juventus musim lalu dan musim ini. Kedatangan Dejan Kulusevski jelas akan semakin mempersempit kesempatan bermain Bernardeschi.