Liga Indonesia

Siapa Oti, Eks Liga Portugal dan Denmark yang Resmi ke Madura United?

Jumat, 3 Januari 2020 16:41 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Yohanes Ishak
© www.efb.dk
Pemain baru Madura United, Emmanuel Oti Essigba Copyright: © www.efb.dk
Pemain baru Madura United, Emmanuel Oti Essigba

INDOSPORT.COM - Madura United telah mendapatkan pemain asal Ghana, jebolan Liga Portugal dan Denmark, Emmanuel Oti Essigba. Siapakah dia?

Satu lagi pemain asing resmi berseragam Madura United untuk Liga 1 2020, Emmanuel Oti Essigba. Diumumkan Kamis malam (02/01/19), Emmanuel Oti Essigba atau yang akrab disapa Oti menambah kekuatan pemain asing Laskar Sape Kerrab yang sebelumnya telah mendapatkan Zah Rahan dan Brian Ferreira.

Berbeda dengan dua nama pemain asing Madura United yang telah dikontrak sebelumnya, Oti terhitung pendatang baru di sepak bola Indonesia, Liga 1. Pemain asal Ghana 23 tahun itu sebelumnya malang melintang di Liga Portugal dan kasta tertinggi Liga Denmark.

Untuk lebih mengenal siapa sosok Emmanuel Oti Essigba, berikut INDOSPORT rankumkan perjalanan kariernya secara singkat.

Emmanuel Oti Essigba

Lahir di Okim Oda, Ghana 24 September 1996, Oti mengawali karier di negaranya sendiri, di klub West African Football Academy yang bermain di kasta tertinggi Liga Ghana.

Pada Februari 2015, Emmanuel Oti Essigba muda kemudian menjejakan kaki di Eropa dengan bergabung ke tim junior klub raksasa Portugal, Braga U-19.

Beberapa bulan di tim Braga U-19, pemain yang berposisi sebagai winger kiri itupun dipercaya menembus skuat utama Braga B yang bermain di kasta kedua Liga Portugal. Tiga musim memperkuat Braga B, Oti hanya tampil sebanyak 27 kali dnegan torehan empat gol.

Hal itu membuatnya kemudian hijrah ke Liga Denmark, bergabung ke klub Esbjerg fb yang bermain di kasta tertinggi, pada Januari 2017. Hanya bermain enam kali dalam dua musim pertamannya di Esbjerg fb, Emmanuel Oti Essigba baru mendapatkan kesempatan banyak tampil saat timnya terdegradasi ke kasta kedua pada musim 2017/18.

Kala itu dirinya dipercaya tampil sebanyak 26 kali, dengan sumbangsih satu gol dan empat asist. Dengan jumlah pertandingan yang cukup banyak, Emmanuel Oti Essigba sukses membawa timnya promosi kembali ke kasta tertinggi Liga Denmark di musim 2018/19.

Di musim itu, Emmanuel Oti Essigba maasih dipercaya bermain di skuat utama, meski sesekali juga tampil di tim reserved Esbjerg fb. Total 18 cap berhasil dicatatkan Oti di kompetisi Liga Denmark saat itu.

Namun sayangnya memasuki musim 2019/20, kontrak Emmanuel Oti Essigba di Esbjerg fb tak berjalan baik. Cedera yang dialaminya membuat Oti dilepas pada bulan September 2019. Hingga akhirnya di Januari ini direkrut klub Liga 1 Indonesia, Madura United.