Liga Inggris

5 Rekor Paling Memalukan Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Rabu, 25 Desember 2019 08:03 WIB
Editor: Coro Mountana
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Berikut adalah catatan 5 rekor paling memalukan yang pernah tercatat sepanjang sejarah Liga Inggris.

Liga Inggris sejak melakukan perubahan pada musim 1992/1993, pamornya mengalami kenaikan yang sangat drastis. Saat ini di warung kopi terdekat anda di malam minggu pasti akan menyetel TV ke siaran langsung Liga Inggris.

Menjadi liga terpopuler saat ini membuat sejumlah rekor selalu menjadi bahan perbincangan dari para pecinta Liga Inggris. Mulai dari rekor gol Alan Shearer yang mencapai 260 gol hingga jumlah trofi dan asis di liga milik Ryan Giggs (162 assists dan 13 titel) merupakan catatan membanggakan.

Akan tetapi di mana ada rekor membanggakan, selalu ada sisi lainnya yaitu catatan paling memalukan di Liga Inggris. Berikut 5 rekor paling memalukan sepanjang sejarah Liga Inggris, setidaknya sejak melakukan perubahan di musim 1992/1993.

Gol Bunuh Diri Terbanyak

Pertama ada rekor gol bunuh diri terbanyak yang ternyata dipegang oleh salah satu legenda Manchester City. Tunggul dulu, bukan Vincent Kompany yang dimaksud, dia adalah Richard Dunne yang menjadi top skor untuk gol bunuh diri di Liga Inggris.

Selama berkiprah di Liga Inggris, Dunne ternyata telah mencetak 10 gol bunuh diri di sepanjang kariernya. Mantan kapten Manchester City itu begitu melegenda bukan karena kemampuan bertahannya tetapi lebih ke jumlah gol bunuh diri.

© FourFourTwo
Richard Dunne, Legenda Manchester City Copyright: FourFourTwoRichard Dunne, Legenda Manchester City

Pemenang Crossbar Challenge

Ketika anda sedang bosan bermain futsal bersama teman-teman anda, pasti permainan crossbar challenge akan menjadi pilihan untuk mengusir rasa jenuh. Buat yang belum tahu, crossbar challenge adalah adu siapa yang paling jago dalam menendang ke tiang gawang atau mistar.

Jika benar, maka anda tampaknya perlu belajar banyak dari Robin van Persie yang merupakan ahli dalam 'crossbar challenge'.

Namun bukan dalam artian crossbar challenge permainan dalam sepak bola, melainkan sejumlah peluang tembakan penyerang asal Belanda ini mengenai tiang gawang.

Seperti yang dilansir dari GiveMeSport, Itu terbukti dengan total sebanyak 44 kali Robin van Persie di Liga Inggris melakukan tembakan yang mengenai tiang atau mistar gawang.

Kekalahan Paling Telak

© Naomi Baker/Getty Images
James Ward-Prowse, pemain Southampton yang tampak sedih melihat timnya dibantai 0-9 oleh Leicester City Copyright: Naomi Baker/Getty ImagesJames Ward-Prowse, pemain Southampton yang tampak sedih melihat timnya dibantai 0-9 oleh Leicester City

Biasanya jika bermain di kandang sendiri, pasti tim tersebut mempunyai motivasi untuk memenangkan pertandingan atau setidaknya jangan kalah telak. Tapi ternyata mitos bermain di kandang akan menguntungkan tidak terjadi pada Southampton.

Bertanding di kandang sendiri pada musim ini, Southampton kalah telak 0-9 dari Leicester City yang sekaligus jadi kekalahan paling telak dalam sejarah Liga Inggris. Kartu merah cepat dan strategi naif dengan terus menyerang menjadi penyebab kekalahan telak itu.

Poin Paling Irit

Jika tadi sudah dibahas kekalahan paling telak, kini saatnya untuk mengetahui perolehan poin paling sedikit atau irit sepanjang sejarah Liga Inggris. Adalah Derby County yang melakukannya pada Liga Inggris musim 2007/2008.

Bermain sebanyak 28 pertandingan, Derby County benar-benar hancur lebur dengan hanya bisa menang sekali atas Newcastle dan mengumpulkan 11 poin saja. Top skor klub pun hanya sanggup mencetak 4 gol atas nama Kenny Miller.

Kartu Merah Terbanyak

Ternyata dalam rekor paling memalukan yang akan kita bahas kembali dipegang oleh Richard Dunne lagi. Bermain setidaknya selama 9 musim untuk Manchester City, Dunne menjadi pemain dengan koleksi kartu merah terbanyak (8) bersama Duncan Ferguson dan Patrick Vieira.

Itulah 5 rekor paling memalukan sepanjang sejarah Liga Inggris di mana eks kapten Manchester City, Dunne memegang 2 di antaranya.