Liga Indonesia

Alasan Sahari Gultom Ditunjuk jadi Pelatih Kiper PSMS di Liga 2 2020

Minggu, 5 Januari 2020 20:35 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
PSMS Medan resmi menunjuk Philep Hansen sebagai pelatih untuk mengarungi ketatnya kompetisi Liga 2 2020. Ada juga pelatih kiper Sahari Gultom. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
PSMS Medan resmi menunjuk Philep Hansen sebagai pelatih untuk mengarungi ketatnya kompetisi Liga 2 2020. Ada juga pelatih kiper Sahari Gultom. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - PSMS Medan resmi menunjuk Philep Hansen sebagai pelatih untuk mengarungi ketatnya kompetisi Liga 2 2020. Klub juga mengenalkan staf pelatih yang salah satunya terdapat nama legendaris Sahari Gultom sebagai pelatih kiper.

Nama tersebut sudah tak asing bagi pecinta sepak bola tanah air dan Sumatra Utara, khususnya Medan. Sebab, dia pernah menjadi pemain dan pelatih di tim berjuluk Ayam Kinantan ini.

Manajer PSMS Medan, Mulyadi Simatupang, membeberkan lebih rinci alasan dirinya menunjuk pria yang akrab disapa Ucok itu sebagai pelatih untuk kiper-kiper di bawah mistar.

"Sahari Gultom adalah aset Sumut ya yang kemarin melatih di tim nasional. Dalam memilih pelatih bukan hanya kualitas, melainkan juga unsur-unsur di PSSI yang menurut saya layak. Walaupun tanggung jawab itu ada di saya," kata Mulyadi, Minggu (5/1/20).

"Terdapat beberapa opsi dan pilihan jatuh kepada Sahari Gultom. Makanya saya langsung hubungi dan tanyakan kepada coach Philep Hansen. Beliau mengaku tidak ada masalah, malah senang. Jadi bukan karena dia putra daerah, tapi memang punya prestasi," tambahnya.

Dalam mengambil keputusan pelatih kiper PSMS Medan, sebut Mulyadi, dirinya juga meminta saran dan masukan dari tiga penasehat teknis, yakni Parlin Siagian, Nobon Kamayudin dan Tumsila, yang tidak lain merupakan legenda klub.

Tidak hanya itu, lanjut Mulyadi Simatupang, pihaknya juga memberikan wewenang penuh kepada Sahari Gultom untuk merekrut kiper yang sesuai keinginannya.

"Soal kiper, saya berikan wewenang kepadanya tinggal dia berkonsultasi dengan pelatih kepala. Tahu-thau mau ambil si A, tiba-tiba datang si B. Jadi saya nggak mau seperti itu," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, selain pernah menjadi pemain PSMS Medan era 2000-an, sebelumnya Sahari Gultom juga pernah menjadi pelatih kiper Ayam Kinantan di Liga 2 2017 sampai Liga 1 2018.