In-depth

Profil Philep Hansen, Pelatih Anyar PSMS Medan yang Mirip Jurgen Klopp

Minggu, 5 Januari 2020 14:01 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan Philep Hansen mirip pelatih Liverpool Jurgen Klopp Copyright: © INDOSPORT
Pelatih PSMS Medan Philep Hansen mirip pelatih Liverpool Jurgen Klopp

INDOSPORT.COM - Menarik untuk mengenal lebih dalam profil Philep Hansen, pelatih anyar klub Liga 2, PSMS Medan yang bisa dibilang punya gaya melatih mirip dengan manajer Liverpool, Jurgen Klopp.

PSMS Medan yang masih harus berjuang di Liga 2 2020 usai gagal promosi ke Liga 1 baru saja menetapkan pelatih kepala mereka. Yaitu Philep Hansen yang diresmikan pada Jumat (03/01/20) kemarin.

Pelatih berlisensi A AFC itu resmi menjadi nakhoda PSMS setelah diperkenalkan ke oleh manajemen ke publik dalam temu pers di sekretariat PSMS di komplek Stadion Kebun Bunga, Medan, Jumat kemarin.

"Akhirnya, ada beberapa nama yang kami rekomendasikan. Kami sudah sepakat dengan penasehat teknis. Kami sudah sepakat mengontrak pelatih kepala Philip Hansen Maramis," kata Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang.

Mulyadi juga menyebut Philep Hansen sebagai pelatih muda dengan tipikal ambisius yang diyakini bisa membawa PSMS ke Liga 1. 

"Kami sudah cek latar belakangnya dan dia sangat ambisius dan siap dengan target. Jika tidak dapat target di putaran pertama siap dievaluasi. Target kami jelas ke Liga 1. Dalam kontrak juga ada klausul untuk evaluasi. Pelatih jangan takut diberi kewenangan memilih pemain," ungkapnya.

Pernyataan Mulyadi senada dengan apa yang diucapkan oleh pelatih berusia 51 tahun itu. Tak lama setelah diresmikan sebagai pelatih anyar PSMS, dia juga mengaku memiliki gaya melatih yang benar-benar mengandalkan motivasi para pemain.

“Ada syarat khusus, salah satunya kemauan untuk mengenakan jersey hijau. Membawa PSMS ke Liga 1. Kemauan para pemain yang saya tanya. Dan itu cara melatih saya, yang utama adalah motivasi, kita kasih wejangan yang bikin pemain semangat. Itu trik saya,” ucapnya.

Memegang teguh dan menganggap motivasi adalah hal penting dalam melatih sebuah klub sepak bola, sosok Philep Hansen mengingatkan kita dengan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Lantas seperti apa profil Philep Hansen? Sosok pelatih yang kurang terkenal dan tiba-tiba ditunjuk sebagai nahkoda PSMS di Liga 2 2020 mengalahkan belasan kandidat lainnya.

Profil Philip Hansen, Mirip Jurgen Klopp

Seperti kebanyakan pelatih lokal Indonesia, Philep Hansen juga mengawali kariernya sebagai pemain dan bahkan klub asal Sumatera Utara, Medan  Jaya menjadi klub profesional pertamanya.

Tapi Philep pertama kali membela klub adalah pada tahun 1990 yaitu PS Universitas Riau. Di sana, Philep membawa Unri menjadi juara Invitasi Sepak Bola Mahasiswa Piala Presiden Indonesia di Unibraw, Malang serta juga gelar pribadi top skorer.

Philep Hansen justru pertama kali bermain di klub profesional saat membela Medan Jaya di Liga Dunhill dan Liga Kansas pada tahun 1994 sampai 1997 silam. Setelah itu, dia kembali ke Riau dan membela klub profesional PSPS Pekanbaru.

Philep membela PSPS selama 3 tahun hingga 2001 dan memutuskan gabung klub Divisi Utama Pekanbaru, PS PTPN V hingga pensiun di tahun 2004. Setelah gantung sepatu, Philep Hansen langsung ditunjuk melatih PS PTPN V selama dua tahun ke depannya.

Karier kepelatihan Philep diawali dengan melatih PS PTPN dan juga PSPS U-23 dari tahun 2004 hingga 2006. Dia juga melatih Porda Riau pada tahun 2006 silam dan berhasil meraih medali emas cabang sepak bola saat itu.

Selang beberapa tahun, tepatnya dimulai dari tahun 2007 silam, karier kepelatihan Philep mulai menanjak dengan mengasuh PSPS Pekanbaru di Divisi Utama Liga Indonesia.

Tapi di tahun 2012 dia undur diri dan melatih skuat sepak bola Riau di PON 2012. Setelah kompetisi antar provinsi itu, dia kembali ke PSPS di tahun 2014.

Racikan Philep bisa dibilang cukup terbukti dengan membawa PSPS Pekanbaru lolos ke babak 8 besar Divisi Utama Liga 2 selama tiga musim berturut-turut di 2015, 2016 dan 2017.

Karena keberhasilannya itu, dia pun melanjutkan karier kepelatihannya dengan menjadi salah satu instruktur pelatih di PSSI sejak 2018 lalu. Kini petualangan baru Philep Hansen akan diuji di PSMS Medan, klub yang punya histori panjang di sepak bola Indonesia.

Pelatih PSMS Mirip Jurgen Klopp

© TF-Images/ Getty Images
Jurgen Klopp, pelatih Liverpool Copyright: TF-Images/ Getty ImagesJurgen Klopp, pelatih Liverpool

Melatih sebuah klub yang punya histori panjang seperti PSMS tentu tidak akan mudah bagi siapa pun. Sudah banyak pelatih kawakan yang mencobanya, mulai dari AD Suharto, Djadjang Nurdjaman hingga terakhir, Jafri Sastra di Liga 2 2019 lalu.

Rasa optimisme patut dipelihara oleh para pecinta PSMS Medan karena pelatih yang akan menjadi nahkoda klub kesayangan mereka di Liga 2 2020 mendatang. Ya, Philep Hansen setidaknya punya satu karakter yang juga dimiliki Jurgen Klopp.

Dia mengakui bahwa salah satu hal utama dalam gaya melatihnya adalah motivasi, bagaimana pemain bisa merasa senang baik di sesi latihan dan juga saat bertanding di liga.

Karakter Philep sebagai pelatih inilah yang mirip dengan Jurgen Klopp. Di mana sejak melatih Borussia Dortmund hingga sekarang Liverpool, Klopp terkenal sebagai pelatih dengan pep talk yang memotivasi para pemainnya untuk tampil yang terbaik.

“Yang pertama dan terpenting adalah berada di klub seperti Liverpool, anda harus terus menang. Untuk itu, kami butuh lebih dari 11 orang, jadi akan lebih mudah jika kami memiliki 18 sampai 20 pemain yang senang berada di skuat,” ucap Jurgen Klopp dalam sesi wawancara dengan portal berita olahraga Inggris, The Athletic beberapa waktu lalu.

Dengan prinsip memberi motivasi kepada para pemain, Jurgen Klopp kini dikenal sebagai salah satu pelatih terbaik dunia usai membawa Liverpool menjuarai Liga Champions dan sekarang ada di puncak klasemen sementara Liga Inggris 2019/2020.

Prinsip yang sama juga dipegang oleh Philip Hansen dan semoga salah satu karakter yang mirip dengan Jurgen Klopp ini, mampu membawa PSMS bangkit di Liga 2 2020 dan promosi ke Liga 1 2021.