Liga Indonesia

Profil Singkat David Azin, Gelandang Jerman Jebolan Bundesliga yang Dikaitkan dengan Persik Kediri

Minggu, 5 Januari 2020 16:17 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Dokumen Pribadi David Azin
David Azin, gelandang Jerman jebolan Bundesliga ini, belakangan tengah dikaitkan dengan klub Liga 1 2020, Persik Kediri. Berikut profil singkatnya. Copyright: © Dokumen Pribadi David Azin
David Azin, gelandang Jerman jebolan Bundesliga ini, belakangan tengah dikaitkan dengan klub Liga 1 2020, Persik Kediri. Berikut profil singkatnya.

INDOSPORT. COM - David Azin, gelandang Jerman jebolan Bundesliga ini, belakangan tengah dikaitkan dengan klub Liga 1 2020, Persik Kediri. Berikut profil singkatnya.

Semua isu berawal dari pengakuan David Azin yang memiliki niat untuk merumput di Indonesia. Keinginan David Azin itu ternyata sampai ke telinga klub promosi Liga 1 2020, Persik Kediri, dan terjadilah komunikasi di antara keduanya.

"Mereka (Persik Kediri) berbicara kepada saya bahwa mereka sedang mencari pemain asing baru, dan mereka telah mendengar keinginan saya untuk main di Indonesia," ungkap David Azin kepada INDOSPORT.

Meski telah menjalin komunikasi, David Azin menyebut Persik Kediri belum mengajukan penawaran kontrak kepadanya. David Azin pun masih menunggu tawaran resmi datang.

"Untuk sekarang belum ada tawaran kontrak, baru sebatas komunikasi. Saya juga masih membuka diri untuk klub Indonesia lainnya yang mau memberikan penawaran," kata David Azin.

Andai isu tadi benar terwujud, David Azin musim depan tentu akan menjadi jenderal lini tengah untuk Persik Kediri. Pengalamannya yang pernah mengecap kompetisi sepak bola Eropa, diyakini bakal membawa dampak baik kepada kualitas permainan tim Macan Putih.

Mungkin banyak pecinta sepak bola, khususnya penggemar Persik Kediri, yang tak mengenal betul tentang sosok David Azin. Maklum saja, David Azin hingga kini belum pernah menjalani karier di Indonesia.

INDOSPORT lantas coba membuatkan profil singkat tentang David Azin, gelandang Jerman jebolan Bundesliga yang dikaitkan dengan Persik Kediri. Berikut ulasannya.

Jebolan FC Koln

© Zerozero.pt
David Azin, pemain incaran Persela Lamongan Copyright: Zerozero.ptDavid Azin

FC Koln merupakan salah satu klub Bundesliga Jerman yang punya reputasi dalam menelurkan pemain-pemain berbakat. Ada nama-nama top seperti, Timo Horn, Mark Uth, dan Jonas Hector, yang tenar berkat pengalaman bermain di FC Koln.

Sosok David Azin pun kebetulan juga memiliki pengalaman serupa. Berdasarkan data Transfermarkt, David Azin diketahui pernah merasakan merumput bersama FC Koln.

Momen itu terjadi sekitar tahun 2007 hingga 2009. Selama kurang lebih dua tahun, David Azin membela FC Koln level U-17 dan U-19.


Pengalaman Manis di Armenia

© https://www.youtube.com/watch?v=i2fpVuHmQYE
David Azin, pemain incaran Persela Lamongan Copyright: https://www.youtube.com/watch?v=i2fpVuHmQYEDavid Azin

David Azin merupakan pemain berkebangsaan Jerman. Namun bila ditelaah lebih jauh, David Azin ternyata turut mempunyai darah keturunan Armenia.

Buktinya saja Transfermarkt mencatat bahwa David Azin pernah membela Timnas Armenia U-21. Ia bermain lima kali untuk Armenia U-21 dan berhasil mencetak satu gol.

Kenangan manis David Azin di Armenia tak hanya itu saja. David Azin sempat pula merasakan gelar juara Liga Armenia bersama FC Pyunik Erewan pada musim 2009/10.

Posisi

© Maisfutebol - IOL
David Azin, pemain incaran Persela Lamongan Copyright: Maisfutebol - IOLDavid Azin

David Azin pada dasarnya merupakan pemain yang memiliki posisi natural sebagai gelandang bertahan. Namun jika ditelaah lebih jauh, David Azin ternyata pernah merasakan bermain di banyak posisi lainnya.

Berdasarkan data Transfermarkt, David Azin total telah memainkan 91 laga sepanjang kariernya, dan 31 kali merumput menjadi gelandang bertahan.

Sementara sisanya, David Azin tercatat empat kali bermain di posisi bek tengah, dua kali gelandang sayap kiri, dua kali menjadi gelandang serang, sekali sebagai penyerang, sekali gelandang tengah, serta sekali sebagai gelandang kanan.

Fakta tersebut pun seakan memperlihatkan kalau David Azin mempunyai kelebihan versatile player. Ia dapat bermain di banyak posisi, dan sangat berguna bagi tim yang sedang membutuhkan rotasi permainan.