Liga Indonesia

Menanti Kejutan Geliat Pasif Persib Bandung di Bursa Transfer Liga 1 2020

Senin, 6 Januari 2020 16:27 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung sepertinya akan menghadirkan kejutan, meski kini masih nampak pasif di bursa transfer Liga 1 2020. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Persib Bandung sepertinya akan menghadirkan kejutan, meski kini masih nampak pasif di bursa transfer Liga 1 2020.

INDOSPORT. COM - Persib Bandung sepertinya akan menghadirkan kejutan, meski kini masih nampak pasif di bursa transfer Liga 1 2020.

Kiprah Persib Bandung dalam memburu pemain anyar, belakangan memang tak seheboh tim-tim top Liga 1 2020 lainnya. Persib Bandung sejauh ini baru mendatangkan satu nama, dan itu pun eks pemainnya sendiri, Victor Igbonefo.

Pasifnya geliat Persib Bandung juga terlihat dari sepinya rumor yang berkembang. Persib Bandung mulai jarang dikaitkan dengan sosok pemain asing ataupun lokal.

Terakhir, mungkin ada nama Ganiyu Oseni, Sergio Aguero, dan Lonsana Doumbouya yang beberapa waktu lalu sempat diisukan gabung Persib Bandung. Namun hingga tulisan ini dibuat, rumor dari ketiga nama tadi sudah mereda.

Kalau menurut legenda Persib Bandung, Yudi Guntara, aktivitas Persib Bandung yang kurang mencolok di bursa transfer Liga 1 2020 bukanlah, bukanlah perkara besar. Menurut Yudi, pihak manajemen Persib Bandung justru nampak lebih elegan dan beretika dalam memburu pemain anyar.

"Saya kira, pemain yang diinginkan oleh Persib rekomendasi dari coach Robert saya kira sudah jalan. Cuma mungkin Persib tidak mau gembar gembor saat incar pemain ini itu," ucap Yudi kepada INDOSPORT.

"Karena misalnya si A mau direkrut Persib, ternyata si A itu masih terikat kontrak dengan klub lain. Sehingga, apa yang dingingkan coach Robert gagal, bisa saja seperti itu," jelasnya.

"Prinsipnya Persib kelihatan punya etika kalau menurut saya, bukan berarti Persib terlambat, tapi saya lihat Persib punya etika menghargai kontrak pemain itu dengan tim sebelumnya," lanjut Yudi.

Kebutuhan Persib Bandung

Persib Bandung masih membutuhkan rekrutan baru untuk meningkatkan kekuatan tim musim depan. Terutama pada sektor penyerangan, sepertinya Persib Bandung musim depan akan dihuni nama baru.

Sejauh ini yang pasti dibutuhkan Persib Bandung adalah mencari pengganti Kevin van Kippersluis. Seperti yang kita ketahui bersama, kontrak Kippersluis di Persib Bandung tak diperpanjang sejak akhir musim lalu.

Pengganti Kippersluis yang akan dipersiapkan Persib Bandung kemungkinan besar merupakan pemain asing. Dalam dua musim terakhir, Persib Bandung memang sudah terbiasa menggunakan jasa pemain asing untuk posisi gelandang serang atau penyerang lubang.

Musim Liga 1 2018, Persib Bandung mengandalkan nama Jonathan Bauman yang akhirnya mencetak 12 gol dan delapan assist. Semusim berikutnya, posisi Bauman digantikan Artur Gevorkyan yang didepak di pertengahan kompetisi, dan terakhir diisi oleh nama Kippersluis tadi.

Kebutuhan Persib Bandung di bursa transfer Liga 1 2020 bukan hanya itu saja. Persib Bandung sepertinya juga perlu mengantisipasi jika seandainya penyerang asing Ezechiel N'Douassel jadi angkat kaki.

Beberapa waktu lalu, Ezechiel sempat mengutarakan niatnya kepada pihak manajemen Persib Bandung untuk mundur dari tim. Meski Ezechiel masih terikat kontrak hingga musim depan, tetap ada peluang bagi dirinya menuju pintu keluar Persib Bandung dalam waktu dekat.

Andai Ezechiel pergi, Persib Bandung jelas harus mencari penyerang baru yang kualitasnya sepadan. Pemain asing pun rasanya jadi opsi yang akan dipilih Persib Bandung untuk mendapatkan penerus Ezechiel.

Kalau soal pemain lokal, Persib Bandung sepertinya bakal mencari posisi untuk sektor penjaga gawang. Maklum saja, kiper utama Persib Bandung di Liga 1 2019, I Made Wirawan, usianya kini sudah makin menua, yakni 37 tahun.

Demi mencari posisi penjaga gawang baru, ada nama Teja Paku Alam yang sempat dikaitkan dengan Persib Bandung. Akan tetapi seperti yang sudah disebutkan tadi, segala rumor bursa transfer tentang Persib Bandung, termasuk nama Teja Paku Alam, kini perlahan mulai pudar.


Sudah Ada yang Resmi?

Persib Bandung belakangan memang jauh dari gosip bursa transfer. Tak ada lagi nama pemain asing ataupun lokal yang dikaitkan dengan Persib Bandung.

Meski begitu, Persib Bandung sepertinya tetap telah melakukan upaya memboyong pemain baru. Bahkan mungkin salah satu pemain incaran Persib Bandung sudah ada yang mencapai kata sepakat dan resmi bergabung.

Kemungkinan itu terlihat dari kode yang dilancarkan salah satu petinggi Persib Bandung, Teddy Tjahjono. Lewat akun Twitter pribadinya, Teddy seakan memberikan kode bahwa manajemen Persib Bandung sudah menyelesaikan proses transfer satu pemain baru.

Berkaca dari unggahan Teddy, mungkin benar Persib Bandung sedang menyiapkan kejutan dalam geliat pasifnya di bursa transfer Liga 1 2020. Tinggal kita nantikan saja, siapakah sosok kejutan yang bakal didatangkan Persib Bandung?