Liga Indonesia

Produksi Banyak Pemain Muda Potensial, Persebaya U-20 Ungkap Alasannya

Senin, 6 Januari 2020 20:35 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Manajer Persebaya Surabaya U-20, Yahya Al-khatiri, membeberkan kunci keberhasilan mengorbitkan banyak pemain muda ke jenjang senior. Semua itu berasal dari sistem pembinaan yang berkesinambungan.

Dalam proses pembinaan itu sendiri, ada kompetisi internal di dalam Persebaya. Selain itu, selama proses kompetisi internal berlangsung, jajaran pelatih selalu menerapkan skema promosi-degradasi.

"Fokus kami di pembinaan, kami selalu melakukan proses itu promosi dan degradasi yang nyatanya terus berjalan dengan baik," kata Yahya pada Minggu (4/1/20).

Persebaya Surabaya bisa meraih keberhasilan, yakni menelurkan banyak pemain muda berbakat. Malahan Yahya Al-khatiri mengungkapkan saat ini ada sekitar 25 orang di tim kelompok usia yang mempunyai bakat besar.

Sementara itu, pemain junior yang berhasil naik ke tim senior ada tujuh orang pemain. Mereka rata-rata memperkuat Persebaya U-20 dan berhasil menjuarai kompetisi Pro Elite Academy (EPA) 2019.

Ketujuh pemain itu adalah Koko Ari Araya (bek), Muhammad Kemaluddin (gelandang), Zulfikar Akhmad Medianar Arifin (gelandang), Muhammad Supriadi (striker) dan Ernando Ari Sutaryadi (kiper), dan Rizky Ridho (bek). 

Bahkan pemain-pemain ini tidak hanya memperkuat Persebaya Surabaya senior saja, melainkan dari mereka berhasil menembus timnas Indonesia U-19 seperti, Ernando, Supriadi, dan Rizky Ridho.