Liga Indonesia

PSM Perkenalkan Komposisi Tim Kepelatihan Baru, Ada Eks Persija dan Persib

Senin, 6 Januari 2020 13:56 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
CEO klub Liga 1 PSM Makassar, Munafri Arifuddin (putih), bersama jajaran tim kepelatihan. (Adriyan Adirizky/INDOSPORT) Copyright: © Adriyan Adirizky/INDOSPORT
CEO klub Liga 1 PSM Makassar, Munafri Arifuddin (putih), bersama jajaran tim kepelatihan. (Adriyan Adirizky/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, PSM Makassar, secara resmi memperkenalkan komposisi tim kepelatihan terbaru untuk menyongsong musim 2020. Uniknya, terdapat dua nama yang merupakan eks Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Komposisi tim kepelatihan Pasukan Ramang mengalami perubahan signifikan. Hanya asisten pelatih Bahar Muharram yang dipertahankan. Sedangkan Syamsuddin Batola, Imran Amirullah, dan Herman Kadiaman senasib dengan Darije Kalezic.

CEO Munafri Arifuddin mengatakan, perubahan komposisi tim kepelatihan merupakan hal yang sangat wajar dalam dunia sepak bola. Ia pun lantas menyampaikan harapan untuk mereka.

"Saya sangat berharap dengan tim kepelatihan ini mampu meracik tim dengan baik, untuk berlaga di seluruh kompetisi yang diikuti pada tahun ini," ungkap Munafri di Hotel Aryaduta, Makassar, Senin (06/01/20).

"Mereka ini adalah pelatih yang semuanya mantan pesepakbola. Saya yakin di bawah kepemimpinan tim pelatih ini akan memberikan warna dan sentuhan baru untuk PSM," tambah ia di hadapan awak media olahraga Makassar.

Adapun yang menjadi asisten pelatih Bojan Hodak merupakan eks Persib Bandung. Dialah Herrie Setyawan, pelatih sepak bola berlisensi A AFC yang berkarier sejak tahun 2013 hingga 2017 di Kota Kembang.

"Pelatih ini sudah tidak asing lagi, kelahiran Sulsel yang lama berkiprah di Bandung, Jawa Barat. Saya panggil kembali ke sini untuk mendampingi tim dan telah punya pengalaman juga di PSM U-19 musim 2018 lalu," paparan singkat Munafri soal pria yang akrab disapa Jose itu.

Selanjutnya, Munafri turut memperkenalkan sosok pelatih kiper baru selepas mengakhiri kerja sama dengan Herman Kadiaman. Dialah Hendro Kartiko, eks Persija Jakarta berlabel Timnas Indonesia yang pernah membawa PSM menjuarai Liga Indonesia 1999/00.

"Berikutnya pelatih kiper kami yang baru, Hendro Kartiko. Dulu punya sejarah sendiri dengan PSM di Kota Makassar ini. Insya Allah mampu memberikan kontribusi terbaiknya," jelas Munafri yang memperkenalkan sosok Hendro Kartiko.

Adapun nama terakhir ialah Syafril Usman, pelatih sepak bola yang membawa Sidrap United menjuarai Liga 3 Zona Sulsel pada musim 2017. Ia juga menjadi pelatih kepala PSM U-20 pada musim lalu.

"Terakhir, Syafril Usman. Beliau punya rekam jejak sebagai pesepakbola yang pada masanya sangat bersinar bersama klub di Jawa Tengah," kata Munafri.

Dengan ini, PSM pun mengakhiri segala rumor yang beredar terkait komposisi tim kepelatihan baru. Selanjutnya, Pasukan Ramang fokus melengkapi skuat yang akan berlaga di seluruh kompetisi pada musim 2020 ini.