Bursa Transfer

Rumor Transfer Liga 1: Arema FC Lepas Hamka, Bali United Amankan Pemain Belanda

Sabtu, 4 Januari 2020 16:56 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Rumor transfer gelaran Liga 1 menjelang musim 2020 menampilkan Arema FC yang melepas Hamka Hamzah sampai Bali United yang resmi amankan pemain Belanda. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Rumor transfer gelaran Liga 1 menjelang musim 2020 menampilkan Arema FC yang melepas Hamka Hamzah sampai Bali United yang resmi amankan pemain Belanda.

INDOSPORT.COM - Rumor transfer gelaran Liga 1 menjelang musim 2020 menampilkan Arema FC yang melepas Hamka Hamzah sampai Bali United yang resmi amankan pemain Belanda.

H+4 2020 sederet klub sedang berjuang di masa bursa transfer kali ini. Mereka ingin merekrut pemain yang sesuai dengan keinginan pelatih nanti.

Sejumlah tim ada yang sudah mengumumkan pemain-pemain yang bertahan, dilepas, bahkan didatangkan, entah itu legiun asing hingga pemain lokal.

Saat ini, beberapa klub seperti Bali United, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, hingga Madura United sangat aktif di masa bursa transfer pemain.

Pemain yang pindah ke tim lain atau bertahan merupakan hal yang wajar terjadi. Karena tiap pemain merasa nyaman di sebuah klub atau memiliki keinginan dalam mencari tantangan.

Oleh dari itu, redaksi INDOSPORT berusaha merangkum sejumlah rumor bursa transfer Liga 1 yang bergulir cukup panas pada hari ini, Sabtu (04/01/20).

1. Arema FC

© INDOSPORT/Ian Setiawan
Hamka Hamzah tengah menguasai bola di pertandingan Persela Lamongan vs Arema FC, Jumat (20/09/19). Copyright: INDOSPORT/Ian SetiawanHamka Hamzah tengah menguasai bola di pertandingan Persela Lamongan vs Arema FC, Jumat (20/09/19).

Kapten Arema FC Hamka Hamzah menyatakan pamit dari klub asal Jawa Timur itu melalui unggahan di akun media sosial Instagram pribadi sang pemain.

"Terima Kasih seluruh keluarga @aremafcofficial atas 1,5 musimnya yang luar biasa," buka akun @hamka23hamzah, Jumat (03/01/20).

Selain itu, berdasarkan data Transfermarkt, beberapa pemain seperti Ricky Kayame, Rivaldo Bawuo, dan Rachmat Latief telah dilepas oleh Arema.

2. Madura United

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Haris Tuharea merayak gol ke gawang Persebaya Surabay di Liga 1 pekan ke-8 Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTHaris Tuharea merayak gol ke gawang Persebaya Surabay di Liga 1 pekan ke-8.

Madura United juga dengan sigap mendatangkan lima pemain lokal berusia muda untuk mengarungi padatnya gelaran Liga 1 2020.

Pemain-pemain yang didatangkan adalah Dodi Alex van Djin, Risna Prahalabenta, Haris Tuharea, Rivaldi Bawuo, dan Emanuel Cristianson Simanjuntak.

Sebelumnya, Madura United telah mendatangkan winger asal Ghana berusia 23 tahun Emmanuel Oti Essigba. Dirinya menjadi pemain asing ketiga yang digaet Laskar Sapeh Kerrab.

3. PSM Makassar

© Media AFC
Aksi Taufik Hidayat membela PSM Makassar diajang Piala AFC 2019 Copyright: Media AFCAksi Taufik Hidayat membela PSM Makassar diajang Piala AFC 2019

Bek sayap kiri, Taufik Hidayat, resmi berpisah dengan PSM Makassar pada jendela transfer awal musim 2020 ini usai tak diperpanjang manajemen.

"Betul mas," tulis Taufik Hidayat dengan singkat kepada redaksi berita INDOSPORT via aplikasi pesan instan WhatsApp, Jumat (03/01/20) malam.

Pemain berusia 26 tahun itu dikontrak hanya semusim (2019) saja oleh PSM dan membuat 21 penampilan. Hidayat juga membawa PSM meraih gelar Kratingdaeng Piala Indonesia 2018-19.

4. Bali United

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Sundulan Melvin Platje akhirnya berbuah gol untuk Bali United dalam laga pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (31/10/19). Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTSundulan Melvin Platje akhirnya berbuah gol untuk Bali United dalam laga pekan ke-26 Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (31/10/19).

Bali United resmi mengamankan tanda tangan pemain asal Belanda Melvin Platje untuk melanjutkan masa baktinya pada musim 2020 mendatang.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Bali United, Yabes Tanuri, kalau tim pelatih masih membutuhkan tenaganya untuk kompetisi tahun ini.

"Kami juga sudah melakukan pembicaraan dengan Platje dan dia sudah setuju untuk tetap bertahan dan berjuang bersama lagi," ujar Yabes, Jumat (04/01/20).